FDK UIN Alauddin Buka Prodi Manajemen Haji dan Umrah

FDK UIN Alauddin Buka Prodi Manajemen Haji dan Umrah

BERITA-SULSEL.COM – Prodi baru S1 Manajemen Haji dan Umrah mulai tahun akademik 2017 segera hadir. Pembukaan prodi baru ini sesuai SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 31 Tahun 2017.

Demikian ditegaskan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar, Dr. H. Abd. Rasyid Masri, S.Ag., M.Pd., M.Si.,M.M kepada media, Minggu (16/7/2017).


Dijelaskan, pembukaan prodi baru itu, karena begitu besar tuntutan dari stakeholder akan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan kemampuan dalam memenej pengelolaan haji dan umrah, tandas doktor sosiologi agama PPs-UNM ini.

Sisi lain, Sulsel dan Kawasan Timur Indonesia lainnya, hampir setiap saat jumlah jamaah haji dan umrah terus bertambah, tegas pria kelahiran Gersik 27 Agustus 1968 ini.

Kenyataan demikian itu menuntut hadirnya sumber daya manusia yang mampu memenej secara baik, profesional dan menyajikan kualitas pelayanan yang semakin baik, kata magister manajemen PPs-Unismuh Makassar ini.

Peluang demikian itu telah ditangkap pihak kampus sehingga membuka prodi manajemen haji dan umrah, tegas magister komunikasi PPs-Unhas ini.

Prospek dan peluang kerja para alumni juga terbuka lebar, bisa terserap kerja pada perusahaan biro perjalanan haji dan pemerintah yang mengurus haji.

Selain itu, para alumni juga diajari pengetahuan dan keterampilan menjadi entrepreneur pada biro perjalanan haji dan usaha jasa wisata lainnya, ungkap alumni SDN 161 Ara Bulukumba 1982 ini

Jalur penerimaan prodi baru ini, boleh lewat Ujian Masuk Mandiri (UMM) dan Ujian Masuk Khusus (UMK). Tahun akademik 2017 telah dibuka satu kelas jumlah 45 mahasiswa baru. Selain prodi Manajemen Haji dan Umrah, UIN juga membuka Magister Komunikasi Penyiaran Islam, tegas ungkap doktor sosiologi agama menulis dinamika Jamaah Al-Nadzir di Gowa Sulsel.

Saat ini FDK membina 6 program studi, semua prodi mendapat akreditasi dari BAN- PT. Prodi Manajemen Dakwah, Jurnalistik, Komunikasi & Penyiaran Islam(KPI).

Prodi lainnya, Bimbingan Penyuluhan Islam(BPI), Ilmu Komunikasi, Kesejahteraan Sosial. (yahya)

Comment