Pencahayaan LED Menghemat Energi Lima Puluh Persen

Pencahayaan LED Menghemat Energi Lima Puluh Persen

JAKARTA, BERITA-SULSEL.COM – Philips Lighting (Euronext Amsterdam ticker: LIGHT), pemimpin global di bidang pencahayaan, hari ini mengungkapkan perannya dalam membantu Pluit Village Mall dan Lippo Mall Puri, keduanya milik Lippo Grup, untuk beralih menggunakan solusi pencahayaan yang lebih efisien.

Philips Lighting Indonesia (PLI) menunjukkan bahwa pencahayaan LED baru yang dipasang di dua pusat perbelanjaan tersebut dapat mengurangi konsumsi energi dan tagihan listrik secara signifikan. Di samping itu, para penyewa dan pengunjung kini dapat menikmati mal yang lebih terang dan lebih nyaman.


Anderson Chong, Direktur Mal Pluit Village, salah satu mal di mana PLI mengganti pencahayaan mereka, mengatakan bahwa, “Bagi kami selaku pengelola mal, listrik merupakan salah satu pos biaya terbesar dari operasional mal. Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Philips Lighting yang memampukan kami dalam mengurangi konsumsi listrik.

Solusi Philips Lighting menciptakan pengalaman di mal yang sempurna baik di dalam maupun di luar ruangan, menjadikan mal ini lebih nyaman bagi para pengunjung untuk berbelanja dan menghabiskan waktu.”

Di Pluit Village Mall, PLI mengganti sekitar 12.000 bohlam dan lampu LED untuk keseluruhan area mal yang berukuran 90.000m2 dan mal tersebut berhasil menghemat konsumsi energi hingga 57%. Sedangkan di Lippo Mall Puri, PLI mengganti lebih dari 10.000 lampu tabung LED di area parkir, yang membantu mengurangi konsumsi energi hingga 64%.

Walaupun terbukti lebih hemat, namun tingkat pencahayaan di dua mal tersebut tidak lantas berkurang; justru pencahayaan lampu semakin terang sehingga membuat area publik seperti tempat parkir menjadi lebih aman dan membuat pengendara lebih mudah untuk bermanuver.

Menurut ibu Juwita, seorang ibu rumah tangga yang rutin mengunjungi mal bersama keluarganya, “Sejak lampu mal diganti dengan lampu Philips LED, suasana mal menjadi lebih baik, lebih terang, dan kami merasa lebih nyaman saat berkunjung.”

“Di Philips Lighting, kami memahami bahwa visibilitas gedung dan efisiensi penggunaan energi merupakan aspek penting bagi pebisnis ritel. Sebagai pemimpin global di bidang pencahayaan LED, kami bangga dapat memperluas kerja sama dengan Lippo Grup dalam menyediakan pengalaman berbelanja yang lebih baik tanpa berkompromi terhadap konsumsienergi,” ujar Rami Hajjar, Country Leader Philips Lighting Indonesia.

Selama tiga tahun terakhir, Philips Lighting Indonesia telah bekerjasama dengan Lippo Grup untuk proyek penggantian lampu LED di sejumlah properti paling terkemuka milik perusahaan ini yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Matahari Department Store dan Rumah Sakit Siloam.

Comment