Makna Hari Kemerdekaan Bagi Dekan FKM UMI Makassar

Dr.R. Sudirman MSi

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Kemerdekaan berkaitan dengan harkat dan martabat suatu bangsa, oleh sebab itu kemerdekaan dipandang sangat penting oleh semua bangsa di dunia termasuk juga Indonesia.

Bagi Indonesia sendiri, kemerdekaan yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan puncak perjuangan atau titik kulminasi bagi bangsa Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan dengan darah dan air mata.


Kemerdekaan dimaknai sebagai suatu kebebasan. Bangsa Indonesia menyatakan dirinya merdeka dan harus bebas dari segala macam penindasan dan penguasaan asing. Dengan demikian, bangsa Indonesia bebas untuk menentukan nasibnya sendiri, berdaulat dan bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Makna hari kemerdekaan untuk saat ini yang telah memasusi usia 72 tahun bagi Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), Dr. R. Sudirman, M.Si adalah menjaga kesehatan jiwa dan raga.

Kata dia, bagaimana mungkin bisa merdeka jika jiwa, tubuh dan badan sakit. Sehingga kesehatan merupakan modal utama untuk bisa mempunyai kemampuan daya saing.

“Kesehatan adalah investasi jangka panjang sehingga untuk merawat dan menjaga kemerdekaan ini kita harus tetap menjaga kesehatan agar nilai-nilai yang diperjuangkan oleh para pejuang bisa diimplementasikan bersama,” ucapnya saat ditemui di Gedung FKM UMI, Sabtu (5/8/2017).

Menurutnya, kemerdekaan bisa dijalankan ketika badan sehat, jasmani dan akal. Sehingga bisa bersaing dengan kompetitif. Bagaimana mungkin bisa merdeka ketika jiwa dan badan sakit.

“Yang harus dominan diperbaiki adalah kesehatan, sehingga nilai-nilai kemerdekaan bisa diterapkan,” jelasnya.

Lebih lanjut Dr. R. Sudirman, M.Si mengatakan, pada era modern ini, sesibuk apapun masyarakat tak boleh meninggalkan nilai gotong royong yang dapat meningkatkan kualitas individu maupun kelompok.

“Nilai patriotisme harus kita perjuangankan untuk mengangkat harkat dan martabat manusia. Sehingga hakikat dari kemerdekaan bisa kita dapatkan,” tambahnya.

Comment