195 Warga Binaan Lapas Bone Peroleh Remisi, Satu Diantaranya Teroris Poso

Bupati Bone berikan remisi secara simbolis kepada warga binaan

BONE, BERITA-SULSEL.COM – Peringati hari kemerdekaan HUT RI ke 72, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Watampone berikan remisi ke 195 narapidana dari 423 orang penghuni Lapas, Kamis (17/8/17) sekitar pukul 08.00 wita.

Pemberian remisi di Lapas dihadiri oleh Bupati Bone, H Andi Baso Fahsar Padjalangi, Wakil Bupati Bone, H Ambo Dalle, Ketua DPRD Bone, A Akbar Yahya, Kapolres Bone, AKBP Kadarislam Kasim, Danrem 141 Toddopuli, Kol Kav Yotanabey, Dandim 1407 Bone, Letkol Inf Bobbie, Kajari Bone, M Natsir dan pejabat lainnya.


Kalapas Bone, Lukman Amin, mengatakan dalam sambutannya bahwa remisi ini diberikan pada narapidana yang telah mematuhi tata tertib dan bersikap baik selama berada dalam tahanan Lapas.

“Tatib diLapas sudah diikuti dengan baik dan remisi ini sebagai penyemangat bagi warga binaan juga persiapan dan kesungguhan untuk tidak melanggar hukum lagi” kata Lukman.

Pemberian remisi secara simbolis diserahkan oleh Bupati Bone, H Andi Baso Fahsar Padjalangi didampingi Lukman Amin. Fahsar berharap remisi ini bisa dipertanggungjawabkan oleh para narapidana dengan tida mengulangi kesalahan mereka.

“Ini bukan hak yang didapat dengan mudah tapi satu bentuk tanggungjawab juga untuk mengurangi dampak negatif pidana serta menekan tingkat frustasi warga binaan” ujar Fahsar.

Dari 195 napi yang mendapat remisi, 3 diantaranya langsung bebas yakni Ansar Apriadi bin Anwar Asis, Samsir bin Marafah dan A Salama bin a Muh Ali. Ansar adalah napi teroris yang dipindahkan dari Lapas Makassar sejak 2016 lalu. Ansar pernah terlibat dalam aksi teror di Poso dan hari ini sudah bisa menghirup udara bebas setelah mendapatkan remisi dari Kemenkumham. Sementara untuk Salama belum bisa bebas hari ini karena masih menjalani subsider (hukuman pengganti). (eka)


Comment