Ini Cara Cepat Redakan Panas Dalam

Ini Cara Cepat Redakan Panas Dalam

BERITA-SULSEL.COM – Ketika muncul berbagai gejala panas dalam seperti sakit tenggorokan, bibir kering, sariawan, lemas, dan sembelit (susah buang air besar), Anda mungkin akan langsung mengonsumsi obat panas dalam yang dijual di toko.

Padahal, panas dalam itu sendiri sebetulnya bukan penyakit, lho. Jadi Anda bisa saja mengonsumsi obat panas dalam alami, tanpa obat dan bahan kimia tambahan. Tapi sebelum mencari tahu berbagai obat panas dalam alami, sebaiknya kenali dulu apa itu panas dalam. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.


Apa itu panas dalam?
Tidak ada penyakit panas dalam dalam dunia kedokteran. Panas dalam lebih tepat diartikan sebagai serangkaian gejala yang menyerang mulut, tenggorokan, dan sistem pencernaan.

Istilah panas dalam sendiri sebenarnya berakar dari ilmu kedokteran tradisional Tiongkok. Sejak berabad-abad lalu, para tabib di Tiongkok percaya kalau suhu tubuh manusia sejatinya selalu seimbang. Yin dan Yang. Kalau suhu dalam tubuh tidak seimbang, karena terlalu panas misalnya, Anda pun akan mengalami gejala-gejala panas dalam. Karena itu Anda butuh minuman penyegar yang bisa mengembalikan suhu tubuh supaya seimbang lagi.

Sedangkan dalam ilmu kedokteran modern, gejala-gejala panas dalam biasanya disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu. Bibir kering dan lemas dapat diakibatkan oleh dehidrasi. Sedangkan sembelit bisa terjadi karena Anda kekurangan asupan serat, vitamin, dan mineral. Sakit tenggorokan dan sariawan juga tidak disebabkan oleh panas di dalam tubuh, melainkan karena infeksi atau penyakit lainnya.

Obat panas dalam alami
Langkah pertama untuk mengobati panas dalam adalah mengenali apa penyebab munculnya gejala-gejala yang Anda alami. Dengan begitu, Anda jadi tahu pengobatan seperti apa yang paling tepat untuk kondisi Anda. Lebih jelasnya, simak berbagai pilihan obat panas dalam alami berikut ini.

1. Kumur air garam
Berkumur dengan larutan garam bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan sariawan. Siapkan segelas air putih hangat dan campurkan dengan satu sendok teh garam. Untuk mengobati sakit tenggorokan, berkumurlah sambil mendongak. Sedangkan untuk mengusir sariawan, Anda bisa berkumur di area yang sakit.

Anda bisa berkumur selama 20 sampai 30 detik lalu buang airnya, jangan ditelan. Ulangi berkumur air garam setiap beberapa jam sekali untuk hasil yang efektif.

2. Makan sayur dan buah
Sayur dan buah kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, sayur dan buah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Pilih sayur dan buah yang warnanya terang dan pekat untuk kandungan nutrisi terbaik. Misalnya sayur bayam, kangkung, wortel, terong, dan brokoli. Stroberi, pepaya, apel, dan anggur juga baik untuk mengobati panas dalam. Untuk menambah asupan serat dan vitamin, konsumsi buah-buahan seperti apel dan anggur dengan kulitnya.

3. Ampas teh celup
Atasi sariawan dengan cara mengompres bagian yang sakit atau luka dengan kantong teh celup yang sudah Anda seduh. Daun teh bermanfaat untuk melawan peradangan sekaligus meredakan nyeri. Kompres selama 15 sampai 20 menit kira-kira sebanyak tiga kali sehari.

4. Banyak minum air putih
Karena gejala panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah bisa diakibatkan oleh dehidrasi, pastikan Anda cukup minum air putih. Untuk menggantikan cairan yang hilang, usahakan untuk minum paling tidak sepuluh gelas air dalam sehari.

5. Madu
Dalam berbagai penelitian, madu ternyata ampuh untuk melegakan berbagai masalah tenggorokan. Jadi, kalau tenggorokan mulai terasa sakit atau kering, segera minum madu murni. Anda bisa mencampurnya dengan teh, air hangat, atau diminum begitu saja.

Madu juga bisa jadi solusi bibir kering sampai pecah-pecah. Nah, oleskan madu pada bibir Anda untuk menjaga kelembapan alaminya.

6. Kompres dingin
Sariawan yang muncul di area mulut bisa terasa nyeri. Karena itu, kompres bagian yang nyeri dan sariawan dengan es batu yang sudah dibungkus dengan kain lembut yang steril. Anda juga bisa mencelupkan kain bersih ke air dingin sebagai kompres.

uzone.id

Comment