Soppeng Kembangkan Delapan Jenis Padi Baru

Soppeng Kembangkan Delapan Jenis Padi Baru

SOPPENG, BERITA-SULSEL.COM – Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng bersama balai besar penelitian tanaman padi (Balitban) Kementrian Pertanian mengembangkan 8 galur bibit unggulan. Uji multi lokasi galur-galur dilakukan di Dusun Kacimpang, Desa Timusu, Kecamatan Liliriaja.

Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak mengatakan, uji coba untuk mengembangkan potensi pengembangan 8 galur. Soppeng tak lagi menjual gabah, tapi benih.


“Mari kita mendukung kegiatan yang dilakukan pemerintah, masyarakat akan merasakan manfaatnya,” ujarnya, Kamis (17/8/2017).

Kepala Balai Penelitian Padi, Sahardi Mulia menyebutkan, kegiatan disebut uji multi lokasi galur-galur, padi sawah berpotensi mendapat hasil panen yang tinggi.

Kegiatan seperti ini dilakukan di 10 provinsi penghasil padi di Indonesia, termasuk Sulawesi Selatan yang dilakukan Kabupaten Soppeng dan Maros.

“Ada 8 jenis galu padi yang dikembangkan, Soppeng 4 jenis padi yang dikembangkan di 8 kecamatan,”katanya.

Kepala Dinas Pertanian Soppeng, Fajar menambahkan, dari delapan galur yang diuji, 4 sangat bagus. Galur padi gogo tahan kekeringan, galur padi merah dan harum, padi hitam dan galur padi putih dan harum.

“Insya Allah keempat galur ini akan diperbanyak selanjutnya diserahkan kepada petani,” ujarnya. Henrik.

Comment