Sundari, Dosen FKM UMI Ahli Ilmu Biomedik

Sundari

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Cara belajar yang baik adalah dengan mengajar. Termasuk menjadi dosen disebuah perguruan tinggi swasta ternama di Kota Makassar.

Sundari, alumni program doktor kedokteran Jurusan Ilmu Biomedik Unhas ini merupakan salah satu dosen terbaik yang dimiliki Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI).


Ilmu biomedik adalah cabang ilmu kedokteran yang menggunakan asas-asas dan pengetahuan dasar ilmu pengetahuan alam (biologi, kimia dan fisika) untuk menjelaskan fenomena hidup pada tingkat molekul, sel, organ dan organisme utuh, hubungannya dengan penyakit dan mencarikan serta mengembangakan bahan yang tepat untuk mencegah, mengobati dan memulihkan kerusakan akibat penyakit.

Sebelum mengabdi di FKM UMI, wanita berhijab kelahiran Jawa itu pernah mengabdi Stikes Bina Bangsa Majene dengan jabatan ketua Prodi tahun 2004 hingga 2013.

“Awal karir saya dalam dunia pendidikan dimulai di Stikes Bina Bangsa Majene dengan jabatan ketua Prodi tahun 2004 hingga 2013,” jelas Sundar sapaan akrabnya. (09/08/2017).

Barulah tahun 2013 pertengahan, lanjut S2 Kesehatan Reproduksi dan Kesehatan Ibu Anak di UGM ini, dirinya bergabung di FKM UMI sebagai dosen.

“Sekarang saya sudah menjadi dosen tetap umi,” lanjut Istri Abdul Gani Yamco, SKM, M.H.Kes.

Selain sibuk mengajar, jelas Sundari, dirinua sibuk mengisi sejumlah seminar dibeberapa kampus sebagai pembicara.

“Selain ngajar saya juga sering memberikan materi dalam beberapa seminar kesehatan dan memberikan pelatihan preseptor mentoring,” lanjut ibu 4 anak itu.

Alasannya memilih UMI sebagai tempat mencari nafkah dan mengabdikan diri, ujar Sundarim UMI merupakan kampus swasta terbaik yang sangat kental dengan nilai Islam.

“UMI adalah perguruan tinggi swasta terbaik se Indonesia Timur, memiliki ruh religius, kekeluargaan yang tinggi dan masih banyak alasan lain saya bergabung disini,” jelasnya.

Biodata

Nama : Sundari SDT.,MPH
TTL : Pelitakan 2 Mei 1978
Agama : Islam
Alamat : Bukit Magfirah Bloc C 9

Nama Orang Tua
Ayah : Rebin
Ibu : Suginem

Nama Anak
1. ghifari agys al baihaqi
2. Ghazya agys assabiyah
3. Ghizlan Agys Faqih
4. Ghali agys Abqori Faiq

Jenjang Pendidikan

* SD Pelitakan
* SMP2 Majene
* SPK di DEPKES kelas jauh Majene
* D1 Bidan Muhammadiyah Makassar
* D3 Kebidanan Poltekkes
* D IV Bidan Pendidik UNPAD
* S2 Kesehatan Reproduksi dan Kesehatan Ibu Anak UGM
* S3 Kedokteran Jurusan Ilmu Biomedik Unhas

Comment