PSM Makassar Panaskan Perburuan Juara Liga 1

Wiljan Pluim

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – PSM Makassar memperpanjang catatan tak pernah kalah di kandang setelah menghajar PS TNI dengan skor 4-1 di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (10/9) sore WIB, pada pekan ke-23 Liga 1 2017.

Kemenangan ini membuat persaingan di papan atas tetap sengit. PSM tetap menduduki peringkat keempat setelah mengumpulkan nilai 42, terpaut empat angka dari pemuncak klasemen Bali United. Sementara PS TNI berada di posisi ke-15, atau satu tangga di atas zona degradasi, dengan poin 26.


Babak pertama

PSM dan PS TNI mengawali pertandingan dengan permainan terbuka. Kedua tim melakukan tekanan ke pertahanan lawan masing-masing, sehingga laga pun berjalan menarik.

PS TNI yang mengandalkan kecepatan pemainnya berusaha mendekati kotak penalti tuan rumah. Namun serangan yang mereka bangun dengan mudah dipatahkan barisan belakang Juku Eja.

Di lain sisi, PSM mendapatkan peluang yang nyaris membuahkan gol untuk membuka keunggulan di menit ke-18. Sayangnya, tendangan bebas Marc Klok masih menghajar mistar gawang Dhika Bayangkara.

Upaya PSM membuka keunggulan akhirnya terwujud di menit ke-36. Berawal dari serangan dari sisi kiri pertahanan lawan, bola diarahkan kepada Ferdinand Sinaga yang selanjutnya memberikan umpan sundulan kepada Pavel Purishkin. Legiun asing PSM ini tak membuang kesempatan untuk menjebol gawang PS TNI.

Unggul satu gol menambah motivasi pemain PSM. Setelah memberikan assist di gol pertama, Ferdinand akhirnya mencatatkan namanya di papan skor satu menit menjelang babak pertama berakhir menyambut umpan Wiljan Pluim untuk membawa PSM unggul 2-0 di paruh pertama.

Babak kedua

Unggul dua gol tidak menurunkan instensitas serangan PSM. Mereka tetap memperlihatkan permainan agresif untuk menekan pertahanan PS TNI. Di lain sisi, barisan belakang The Army harus bekerja keras menghalau serangan tuan rumah.

Anak asuh Robert Rene Alberts ini mendapatkan kans untuk memperbesar keunggulan mereka di menit ke-63. Hanya saja, tendangan bebas kapten tim Hamka Hamzah masih bisa ditepis kiper.

Usaha PSM untuk menambah keunggulan terwujud pada menit ke-71. Berawal dari sepak pojok Marc Klok, Hamka yang berdiri bebas tanpa pengawalan dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang.

Kendati tertinggal tiga gol, PS TNI tidak mau menyerah begitu saja. Mereka mampu memperkecil ketertinggalan melalui Wawan Febrianto setelah memanfaatkan umpan pemain pengganti Gustur Cahyo Putro.

Menjelang pertandingan berakhir, PSM mengunci kemenangan dengan skor 4-1 lewat Ferdinand. Umpan Wiljan Pluim dituntaskan Ferdinand setelah ia terlebih dulu memperdayai bek PS TNI.

Comment