Menjaga Mata Tetap Sehat di Era Smartphone

 

Oleh Rosnaini
Mahasiswa FKM UMI


Rosnaini

MATA adalah salah satu aset utama kita yang sangat penting untuk dijaga, tanpa mata kita tidak dapat menyaksikan indahnya warna-warni dunia ini.

Namun pada saat ini kita berada pada era modern, tentu dalam keseharian kita tidak bisa lepas dari yang namanya alat elektronik terutama smartphone. Dengan smartphone aktivitas berkomukasi atau melakukan pekerjaan pun semakin mudah.

Namun, selain manfaat yang diperoleh, smartphone juga mempunyai pengaruh buruk besar terhadap mata kita. Radiasi sinar yang ada pada smartphone dapat menyebabkan kerusakan pada mata, sehingga menyebabkan rabunnya penglihatan.

Lalu apakah yang bisa kita lakukan untuk menjaga mata kita dari radiasi sinar smartphone?

Hal kecil yang bisa kita lakukan, namun berdampak baik bagi kesehatan mata kita adalah yakni membatasi penggunaan smartphone dalam sehari, minimal istirahatkan mata selama 15 menit untuk setiap 2 jam sekali saat menggunakan smartphone.

Jika sudah lama menggunakan smartphone, istirahatkan mata Anda dengan melihat jarak jauh, atau melihat tanaman hijau yang ada di sekitar anda. Gunakan smartphone dalam jarak aman minimal 30cm. Kedipkan mata sesering mungkin.

Selain itu, untuk menjaga matap tetap sehat, sebaiknya banyak makan makanan bergizi seperti wortel, pepaya, jeruk, kiwi, stroberi, anggur, dan alpukat.

Selain itu, perbanyak minum air putih minimal 2 liter perhari. Atur kecerahan layar yang tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang. Memakai kacamata anti radiasi dan berkonsultasi dengan dokter.

Melakukan kebiasaan tersebut kita dapat menjaga mata kita agar tetap sehat di era smartphone ini. (*)

Comment