Ini Ciri Ikan Segar Berformalin

Ini Ciri Ikan Segar Berformalin

BERITA-SULSEL.COM – Ikan merupakan makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, ada berbagai jenis macam-macam ikan. Tidak hanya ikan laut saja namun juga ada jenis ikan tawar. Selain banyak digemari oleh masyarakat Indonesia ikan juga banyak mengandung berbagai manfaat ketika anda mengkonsumsinya.

Salah satu manfaat dari ikan adalah tinggi akan protein. Namun tahukah anda bahwa dewasa ini banyak sekali penjual ikan yang tidak bertanggung jawab. diantaranya adalah penjual ikan yang menggunakan formalin agar ikan tetap segar. Karena biasanya ikan yang sudah beberapa hari tidak laku akan diberikan formalin oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.


Penggunaan formalin pada ikan yang sudah tidak layak akan membuat ikan menjadi terlihat segar dan layak dikonsumsi. Namun ini akan membahayakan bagi yang mengkonsumsinya. Untuk itu alangkah lebih baik jika anda mengetahui apa saja ciri ciri ikan yang segar karena formalin. Adapun ciri ciri ikan segar yang berformalin adalah sebagai berikut.

1. Warna lebih cerah

Ikan segar yang berformalin dapat Anda lihat dari warna ikan yang lebih cerah. Namun hal ini bukan merupakan salah satu ciri ikan segar yang berformalin saja karena ciri tersebut juga harus didukung dengan ciri-ciri lainnya seperti ciri-ciri yang akan dipaparkan dibawah ini.

Hanya saja biasanya warna ikan yang terlihat lebih cerah dan segar merupakan salah satu ikan yang mengandung formalin. Maka dari itu ketika hendak memilih ikan, lebih baik pilihlah ikan yang tidak terlalu berwarna cerah dan tidak pula ikan yang terlalu berwarna gelap.

2. Daging ikan mudah hancur

Daging ikan mudah hancur merupakan salah satu ciri-ciri dari ikan segar yang berformalin. Tubuh dari ikan segar yang berformalin akan lebih terlihat bersih namun terasa kaku karena ikan tersebut telah mengalami proses pengawetan. Biasanya ikan ini akan sulit untuk dipotong ataupun ketika terpotong teksturnya akan mudah hancur.

3. Tekstur ikan terlihat keras

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa daging ikan akan mudah hancur merupakan salah satu ciri ciri ikan segar namun berformalin. Selain ciri-ciri tersebut ternyata tekstur ikan yang terlihat keras namun dagingnya mudah hancur juga merupakan salah satu ciri ciri yang dapat anda ketahui.

Tekstur ikan yang terlihat keras namun daging ikan mudah hancur merupakan ciri-ciri ikan segar yang berformalin. Dengan demikian sebenarnya sangat mudah ketika ingin menandai ataukah itu ikan yang berformalin atau tidak, karena ikan berformalin cenderung lebih rapuh.

4. Tidak berbau layaknya ikan

Ikan yang diberi formalin juga dapat anda ketahui dari baunya saja. Sebab meskipun penampilannya terlihat segar ikan yang diberi formalin akan berbau agak busuk dan berbau aneh layaknya bukan seperti bau ikan.

5. Tidak dihinggapi lalat

Ikan-ikan yang dijual di pasaran dan tidak dihinggapi oleh lalat maka perlu Anda waspadai. Karena ikan yang tidak dihinggapi oleh lalat merupakan salah satu ciri-ciri dari ikan yang memiliki kandungan formalin. Binatang seperti lalat akan mudah bereaksi kepada ikan yang segar dan tidak diberi formalin.

6. Ikan segar tahan lama

Ikan yang berformalin juga dapat Anda lihat dari segar ikan yang tahan lama. Ikan yang mengandung formalin akan memiliki tekstur yang terlihat segar lebih lama. Biasanya bagi penjual ikan yang memiliki ikan segar pada pagi hari ketika ikan tersebut tidak diberi formalin maka pada Sore harinya ikan tersebut akan sedikit tidak segar.

Namun sebaliknya jika ikan tersebut diberikan formalin maka pada Sore harinya bahkan pada keesokan harinya lagi ikan tersebut akan tampak segar.

7. Warna daging ikan putih bersih

Ketika anda sudah membelah ikan yang Anda beli namun warna daging ikan yang Anda beli tersebut putih bersih anda perlu mewaspadainya sebab daging ikan yang memiliki warna putih bersih merupakan salah satu ciri dari ikan segar yang berformalin. Untuk itu sangatlah penting Mengetahui berbagai macam ciri-ciri ikan segar yang berformalin dan berbagai macam perbedaan ikan segar yang berformalin dan juga ikan segar yang tidak berformalin.

8. Insang pada ikan berwarna merah kegelapan

Meskipun ikan terlihat segar namun ikan yang berformalin dapat anda ketahui dengan cara melihat pada warna Insang ikan tersebut. Insang ikan yang berwarna merah kegelapan merupakan salah satu ciri ikan yang mengandung formalin.

Untuk itu, anda perlu mewaspadai atau berhati-hati Ketika anda akan membeli ikan di pasar atau tempat-tempat penjual ikan lainnya. Selalu perhatikan ciri-ciri ikan yang berformalin dan tidak karena ikan yang berformalin tidak baik untuk kesehatan anda.

Selain mengetahui beberapa ciri-ciri ikan segar yang berformalin alangkah lebih baiknya jika anda juga mengetahui beberapa hal yang membedakan ikan berformalin dan juga ikan yang tidak berformalin.

Karena dengan anda mengetahui ciri-ciri ikan segar yang berformalin dan ciri-ciri ikan segar yang tidak berformalin akan mempermudah anda untuk memilih ikan segar yang tidak berformalin Ketika anda ingin membeli ikan. Adapun ikan yang berformalin dan juga ikan yang tidak berformalin dapat Anda lihat dari beberapa ciri-ciri tersebut.

halosehat

Comment