Banner-Pemkot-Mks
Life Style

Benarkah Anak Muda Rentan Kena Ambeien?

Benarkah Anak Muda Rentan Kena Ambeien?

BERITA-SULSEL.COM – Pernahkah Anda mengeluh nyeri saat buang air besar? Atau merasakan adanya benjolan pada anus Anda? Jika iya, bisa jadi Anda mengalami ambeien.

Bagi sebagian orang, ambeien sering dianggap sebagai penyakit orang tua. Padahal gangguan kesehatan yang satu ini juga bisa menyerang kaum muda, termasuk mereka yang berusia di bawah 30 tahun.

Faktor Risiko Ambeien

Ambeien merupakan pembesaran vena pada bagian bawah dari rektum. Pembesaran vena ini dapat menyebabkan pembengkakan pada anus dan terasa khususnya saat buang air besar.

Keluhan yang umum dirasakan adalah perdarahan saat buang air besar. Berikut ini beberapa faktor risiko dari ambeien seperti:

1. Kehamilan

Kehamilan meningkatkan risiko seorang terkena ambeien. Walaupun mekanisme yang menyebabkan hal ini belum diketahui secara pasti, namun seorang yang hamil akan mengalami perbaikan kondisi ambeiennya, ketika kehamilannya sudah selesai.

2. Konstipasi

Konstipasi dan mengejan juga dapat menyebabkan ambeien. Karena itu, jangan mengejan terlalu keras karena dapat meningkatkan tonus regio kanal anus.

3. Hipertensi porta

Berbagai penyakit yang meningkatkan tekanan darah pada regio porta (Hipertensi porta) juga dapat menyebabkan ambeien. Contoh penyakit yang dapat menyebabkan ambeien adalah sirosis hepatis.

4. Genetik

Genetik diduga berperan dalam terjadinya ambeien. Apakah orang tua Anda ada yang menderita ambeien? Jika iya, bisa jadi risiko ambeien Anda juga meningkat.

5. Pola makan dan gaya hidup

Saat ini banyak orang yang gemar mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan kurang memperhatikan asupan serat. Padahal, konsumsi serat yang rendah dapat menurunkan kelancaran buang air besar. Jadi, pastikan Anda cukup konsumsi serat.

Untuk mencegah ambeien, Anda dapat melakukan beberapa perubahan pola hidup. Misalnya dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi, memperbanyak minum air putih, serta aktif dan rutin berolahraga.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaat ramuan tradisional. Misalnya suplemen yang memiliki kandungan temulawak, yang dapat menurunkan peradangan.

Meski ambeien dapat menyerang usia muda, ternyata banyak hal yang dapat Anda lakukan supaya mencegah risikonya. Mari mulai usaha pencegahan dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

loading...
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Most Popular

loading...
To Top
%d blogger menyukai ini: