Cara Mudah Atasi Sakit Maag

Mag

BERITA-SULSEL.COM – Sakit maag (indigestion) adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Sebutan lain sakit maag adalah dispepsia.

Sakit maag bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya akibat luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres.


Penyakit mag memang tidak memandang usia. Siapa pun bisa terkena mag. Keluhan yang muncul ketika asam lambung naik, tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasi sakit mag, Anda dapat melakukan lima cara mudah di bawah ini:

Makan sedikit, tapi sering

Mag sering diakibatkan oleh pola makan yang salah. Pola makan seperti ini, tidak hanya berkaitan dengan waktu dan jumlah, tetapi juga berhubungan dengan jenis makanan yang Anda konsumsi.

Untuk mencerna makanan di lambung, tubuh terus memproduksi asam lambung. Anda akan merasakan nyeri ulu hati, ketika asam lambung terus diproduksi padahal lambung sedang kosong. Karena itu, jangan pernah terlambat makan dari jadwal yang sudah biasa Anda jalani.

Selain itu, penderita sakit mag lebih baik mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit, tapi sering. Tujuannya, untuk menjaga lambung tetap terisi. Selain itu, hindarilah makanan-makanan yang bisa memicu peningkatan asam lambung, misalnya makanan pedas.

Selalu bahagia

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, stres merupakan salah satu pencetus sakit mag yang paling sering. Saat stres, produksi asam lambung akan meningkat drastis. Agar terhindar dari stres penyebab sakit mag, Anda bisa menyalurkan hobi di akhir pekan atau melakukan aktivitas lain yang menyenangkan.

Posisi tidur menyamping

Posisi tidur memengaruhi sakit mag Anda. Contohnya, posisi tidur terlentang menyebabkan refluks asam lambung. Akibatnya, Anda akan mengeluh rasa pahit di kerongkongan, begah, hingga sesak napas. Ubahlah posisi tidur menyamping agar dapat mengurangi keluhan. Selain itu, hindari makan satu jam sebelum tidur.

Hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol

Merokok dan minum alkohol bisa memicu produksi asam lambung berlebih. Jika terjadi terus-menerus, hal tersebut dapat mengiritasi dinding lambung dan menyebabkan luka.

Rutin kontrol dan konsumsi obat

Selain mengubah pola hidup menjadi lebih sehat seperti yang disarankan oleh para ahli, jangan lupa untuk mengonsumsi obat mag. Pada kondisi tertentu, misalnya mag yang cukup parah, tidak dapat diatasi hanya dengan perubahan pola hidup. Anda tetap disarankan mengonsumsi obat-obatan yang dapat menghambat produksi asam lambung, menetralkan asam lambung, atau melapisi dinding lambung.

Comment