Banner-Pemkot-Mks
Citizen Reporter

Lemlit UNM Gelar Klinik Hak Paten

Laporan: Burhanuddin
Kepala Humas UNM melaporkan dari Makassar

Lemlit UNM Gelar Klinik Hak Paten

BERITA-SULSEL.COM – Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Negeri Makassar menggelar Klinik Peningkatan Mutu Dosen dalam Pencapaian Output Penelitian, Kamis, 7 September 2017 di lantai 7 Menara Pinisi UNM.

Kegiatan ini diikuti oleh 23 dosen di lingkup UNM. Adapun yang menjadi pemateri adalah Ketua Tim Pakar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, Prof Dr Ir Suprapto DEA.

Rektor UNM, Prof Dr Husain Syam, M.TP dalam pengarahannya meminta kepada para dosen untuk membuat penelitain yang berpotensi untuk mendapatkan hak paten.

“Kita ingin tidak hanya sekedar meneliti, tetapi harus mampu memperoleh dokumen atau hak paten,” pintanya.

Prof Dr Husain Syam, M.TP juga berharap ke depannya UNM bisa masuk 10 besar teratas perguruan tinggi negeri berdasarkan aspek penelitian.

“Kita sudah berhasil masuk 5 besar untuk aspek sumber daya manusia, target kita selanjutnya masuk 10 besar dalam aspek penelitian,” ketannya.

Sementara itu, Dr Ir Suprapto DEA menuturkan bahwa kekayaan intelektual merupakan suatu hasil olah pikir (hasil karya) manusia di bidang IPTEKS dan merupakan hasil pemecahan/solusi atas masalah yang dihadapi manusia.

“Sementara HAKI merupakan hak yang timbul atas hasil olah pikir manusia yang menghasilkan produk atau proses yang berguna untuk manusia,” jelasnya.

Dosen Institut Teknologi Sepuluh November ini menambahkan bahwa untuk mendapatkan hak paten syaratnya utamanya adalah para dosen harus membuat penelitian yang berkaitan dengan teknologi serta memiliki kebaruan baik dari sisi metode, bahan, proses maupun hasil.

“Di samping itu perlu membandingkan penelitian yang sudah pernah dipatenka, apakah berbeda atau tidak, kalau berbeda silahkan dilanjutkan,” terangnya.

Di Klinik singkat ini, Suprapto lebih banyak berdiskusi dan memberikan masukan kepada para peserta agar penelitiannya kelak bisa berpotensi mendapatkan hak paten.

loading...
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Most Popular

loading...
To Top
%d blogger menyukai ini: