Romahurmuziy Sebut Butuh 4 ‘Tas’ untuk Menang Pilkada

Romahurmuziy

JAKARTA, BERITA-SULSEL.COM – Ketua Umum (Ketum) PPP Romahurmuziy (Romi) menyatakan, diperlukan 4 ‘tas’ untuk memenangkan pilkada. 4 Tas itu yakni integritas, kapabilitas, akseptabilitas dan elektabilitas.

Romi mengatakan itu saat membuka Musyawarah Kerja Wilayah PPP Kalimantan Timur dan Dialog Publik Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur di Hotel Aston, Samarinda (20/9/2017).


“Integritas diperlukan karena banyaknya kepala daerah yang bermasalah hukum. Menurut data Kemendagri, sejak pilkada langsung 2005, sudah 366 kepala daerah yang tersangkut korupsi,” ujar Romi.

Karenanya, lanjut Romi, integritas dalam wujud bersih diri dan bersih lingkungan harus menjadi persyaratan utama calon ke depan.

‘Tas’ kedua yakni kapabilitas. Kapabilitas diperlukan untuk memastikan agar kepala daerah ketika terpilih tidak perlu bertanya-tanya lagi bagaimana konsep pembangunan kesejahteraan rakyatnya. Hal ini terkait dengan masih tingginya angka kemiskinan dan semakin lebarnya kesenjangan.

“Dibutuhkan kepala daerah yang mampu mengalokasi anggaran secara konseptual agar efektif dan efisien sehingga kesejahteraan lebih cepat tercapai,” imbuh Romi.

‘Tas’ ketiga adalah akseptabilitas. Maknanya calon diterima oleh para pemangku kepentingan di daerah. Apakah itu ormas, LSM, lembaga adat, dunia kampus atau yang lainnya.

Ada pun ‘tas’ keempat adalah elektabilitas. Pada era pemenang pilkada ditentukan langsung oleh rakyat, popularitas dan keterpilihan dapat diukur melalui survei opini publik yang independen.

“Survei bukanlah kitab suci. Dia juga tak wajib diimani. Namun setidaknya dia punya ukuran. Daripada hanya sekadar menebak-nebak atau pergi tanya ke dukun-dukun politik,” tegas mantan Ketua Komisi Pertanian DPR ini.

“Yang pasti, jangan sampai kepala daerah memenangkan pertarungan dengan ‘tas’ yang kelima, yaitu ‘isi tas’. Kalau itu terjadi, OTT KPK ujungnya,” selorohnya.

Dalam acara tersebut, Romi juga mengukuhan pengurus PPP se-Kalimantan Timur ini. Acara dihadiri sejumlah bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang sudah mendaftar antara lain Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, dan Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar.

Tampak juga sejumlah fungsionaris DPP PPP antara lain mantan Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin dan anggota DPR asal Kaltim Kasriyah.

Comment