Banner-Pemkot-Mks
Daerah

Samsat Bone Optimis Capai Target PAD Rp49 Miliar

Samsat Bone

BONE, BERITA-SULSEL.COM – Dihadiri sejumlah mahasiswa, pegawai PDAM, pegawai Dispenda, karyawan dealer dan siswa-siswi SMA yang didampingi guru, sosialisasi pajak daerah yang digelar Samsat Bone, berlangsung di aula D Kotak, Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, Rabu (12/9/17) sekitar pukul 10.00 Wita.

Kepala Bidang Pendapatan Asli Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Burhanuddin, mengatakan sosialisasi ini merupakan salah satu langkah memperdalam pemahaman masyarakat tentang pajak dan ini diharapkan bisa efektif menyadarkan masyarakat pentingnya membayar pajak.

“Pajak itu adalah tentang kesadaran masyarakat karena itu butuh sosialisasi intens agar menimbulkan kesadaran dan kesukarelaan untuk membayar pajak” jelas Burhanuddin.

Kepala UPTD Samsat, Nurlina, yang ditemui disela acara sosialisasi mengatakan bahwa tahun ini jumlah pemilik kendaraan meningkat 2% sekitar 168 ribu total kendaraan di Bone dan Samsat optimis mampu mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebanyak Rp49 miliar meskipun hingga bulan ini pencapaian PAD baru sekitar 66% dari target yang hendak dicapai.

“Daya beli masyarakat saat ini cukup tinggi dan itu artinya kesejahteraan masyarakat juga meningkat, sayangnya kesadaran mereka untuk membayar pajak masih kurang makanya kami lakukan sosialisasi, program samsat keliling bahkan kami juga sudah lakukan upaya door to door bagi warga yang menunggak pajak dan kami tempeli surat peringatan pada kendaraan yang menunggak pajak dan terparkir di jalan” tutur Nurlina.

Jumlah penunggak pajak di Kabupaten Bone khusus kendaraan pribadi hingga sekarang sekitar 34% sedangkan untuk kendaraan dinas mencapai hampir 50%. Samsat sendiri masih terkendala pajak kendaraan dinas yang sudah di dem namun masih digunakan pemilik dengan tetap menggunakan plat merah.

“Biasanya kalau untuk SKPD yang belum bayar pajak kendaraan dinas akan langsung kami datangi di kantor agar diselesaikan pajaknya” ungkap Nurlina. (eka)

loading...
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Most Popular

loading...
To Top
%d blogger menyukai ini: