Tips Kesehatan FKM UMI. Ini Alasan Kenapa Organ Reproduksi Harus Rutin Diperiksa

Yusra Takia S.Kep., M.Kes

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Reproduksi adalah proses biologis suatu seseorang untuk menghasilkan individu baru. Sedangkan, reproduksi adalah organ yang digunakan untuk proses pembuahan.

Baik wanita maupun pria pasti memiliki organ reproduksi, inilah yang nantinya digunakan untuk menghasilkan generasi penerus mereka.


Hal ini disampaikan Yusra Takia S.Kep., M.Kes, salah satu dosen program studi Keperawatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), Minggu (10/9/2017).

“Usia reproduksi terbagi dua, yakni usia remaja awal dan remaja akhir. Pada usia remaja awal, perempuan jarang memperhatikan pemeriksaan kesehatan organ reproduksi secara berkala. Sedangkan usia remaja akhir, kekeliruan dalam pemilihan alat kontrasepsi yang benar sangat mempengaruhi kesehatan organ reproduksi,” ujarnya.

Alumni Ners STIKES Mega Resky ini menyarankan agar semua orang, khususnya perempuan bisa membiasakan hidup bersih dengan menggunakan bahan alami.

“Misalnya, ketika mandi ada baiknya menghindari penggunaan sabun sirih,” jelasnya.

Ini tips jaga organ reproduksi

  • Gunakan pakaian dalam berbahan katun.
    Meski lebih mahal dari bahan lainnya, katun membuat sirkulasi udara dalam organ reproduksi menjadi lancar dan lebih menyerap keringat.
  • Mengeringkan organ reproduksi.
    Setelah BAK atau BAB, sebaiknya keringkan organ reproduksi menggunakan handuk. Jangan menggunakan tissue, untuk menghidari zat pemutih menempel pada organ reproduksi.
  • Rajin mengganti pantyliner.
    Hal ini agar tidak lembab dan mencegah perkembangbiakan bakteri.
  • Hindari gula dan kafein.
    Gula dan kopi tidak bisa tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak, sebab vagina akan mengeluarkan cairan yang berlebihan dan timbullah keputihan.
  • Hindari mengkonsumsi alkohol.
    Alkohol mengandung zat-zat yang tidak bagus untuk kesehatan reproduksi. Jika terus dikonsumsi akan mempengaruhi sel telur dan sel sperma.
  • Menjaga berat badan ideal.
    Wanita dengan berat badan ideal akan terhidar dari cairan vagina berlebih. Sedangkan pria dengan badan gemuk akan memiliki sel sperma yang kurang subur.

Comment