Banner-Pemkot-Mks
Nasional

Warga Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah Galang Dana untuk Etnis Rohingya

Warga Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah Galang Dana untuk Etnis Rohingya

LUWUK, BERITA-SULSEL.COM – One Day One juz (ODOJ) Luwuk Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah menggelar aksi solidaritas soal kekerasan militer Myanmar terhadap etnis Rohingya di bundaran Adipura, Minggu (10/9/2017).

Aksi ini diikuti beberapa ormas, seperti Solidaritas Peduli Jilbab, Ikatan Pemuda Muhammadiyyah, OI Dalbo, Aisiyah, Nasyiyatul Aisiyah Salimah, Mycom, MIM, RKI, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan Forum Imam Masjid.

Aksi dengan tema, “Rohingya: Jauh di Mata, Dekat dalam Doa” dimulai dari Masjid Agung An Nur Luwuk selanjutnya menuju Tugu Adipura.

Massa melakukan orasi dan penggalangan dana bantuan. Aksi ini juga berisi agenda Ngaj On the Street (NGAOS) serta doa bersama untuk warga Rohingya.

Ketua ODOJ, Tomy Nanda Aditias meminta Myanmar stop melakukan tindak kekerasan terhadap muslim Rohingya . Mempercepat proses penegakkan hukum atas pelanggaran HAM di Myanmar atas muslim Rohingya.

Tak hanya itu, Tmomy juga mendorong pemerintah RI agar berperan aktif dalam menyelesaikan krisis kemanusiaan atas muslim Rohingya sesuai dengan Pembukaan UUD 45, kemerdekaan adalah hak segala bangsa.

“Kami meminta pemerintah Myanmar agar mengembalikan hak kewarganegaraan etnis Rohingya sebagaimana mestinya, menjamin kehidupan yang layak bagi mereka,” ujarnya.

Kata dia, aksi yang dilakukan pihaknya meningkatkan kepedulian warga Banggai atas krisis kemanusiaam yang terjadi atas etnis Rohingya.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya aksi ini sehingga berjalan lancar dan aman. Terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan infaknya untuk Masyarakat Rohingya,” paparnya.

Nana A. Ninda, salah satu peserta aksi juga menyampaikan hal yang sama. “Darah, tangis, dan air mata mereka adalah duka kami juga, karena saudara muslim adalah saudara bagi muslim lainnya,” ujarnya.

Kata dia, dengan aksi solidaritas ini Insyaa Allah dapat membantu meringankan beban penduduk Rohingnya.

“semoga penderitaan ini segera berakhir dan semoga Allah SWT selalu memberikan kekuatan dan pertolongan bagi saudara muslim Rohingya,”paparnya. (did)

loading...
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Most Popular

loading...
To Top
%d blogger menyukai ini: