Getah Bonggol Pisang dan Luka Lecet

Rizka Kinanti Adam

Oleh ; Rizka Kinanti Adam

Mahasiswi FKM UMI Menulis


BERITA-SULSEL.COM – Kulit adalah bagian dari tubuh yang mempunyai fungsi sangat vital, antara lain: proteksi, ekskresi, sensasi, regulasi panas, estetik dan komunikasi.

Selain itu, sejumlah obat dapat teradministrasi melalui kulit, seperti salep.

Apabila kulit tergores benda tajam dan meninggalkan luka lecet, maka menyebabkan kekhawatiran karena akan membuat bagian dari tubuh terutama fungsi organ yang terluka terganggu, selain itu membuat noda bekas luka yang sulit dihilangkan.

Menurut Dr. Bambang Pontjo Priosoeryanto Ph.D, dalam artikelnya yang berjudul “Penyembuh luka di sekitar kita”, getah bonggol pisang dapat menyembuhkan luka lecet. Bahkan getah pohon pisang memiliki keunggulan secara kosmetik, karena luka yang dioles getahnha tidak meninggalkan bekas.

Pada pohon pisang, terdapat berbagai kandungan yang mampu memberi manfaat bagi kita.Didalam getahnya terdapat kandungan saponi, antrakuinon, dan kuinon yang berfungsi sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit.

Selain itu, didalam getah pisang juga terdapat kandungan lektin yang berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan sel kulit. Kandungan-kandungan tersebut dapat membunuh bakteri agar tidak masuk pada bagian tubuh kita yang sedang mengalami luka.

Getah pohon pisang dapat memberi efek dingin pada bagian yang terkena luka dan mempercepat proses pembekuan darah, sehingga darah tidak mengalir keluar lagi. Luka dapat segera menutup dan cepat kering, sehingga orang yang terkena luka lecet dapat segera sembuh.

Getah bonggol pisang ternyata juga memiliki kelemahan. Kelemahannya adalah menimbulkan sedikit rasa gatal pada luka yang diolesi, namun zat yang sedikit itu tidak akan mempengaruhi penyembuhan luka.

Pada saat teknologi belum berkembang dan masih minimnya obat-obat pabrik yang beredar, dulu orang-orang memilih menggunakan benda atau bahan disekitarnya untuk menolong hidupnya, tidak terkecuali ada pohon pisang. Dahulu masyarakat menggunakan getah bonggol pisang untuk menyembuhkan luka.

Dalam dunia pengobatan tradisional, getah pohon pisang dipercaya dapat memberikan rasa dingin pada luka dan menghilangkan rasa nyeri akibat luka, bahkan luka pun juga bisa tertutup. Penggunaannya juga sangat mudah, hanya dilakukan pada luka lecet.

Ada beberapa cara untuk menyembuhkan lecet dengan getah pisang, yang pertama luka tersebut kita bersihkan dulu, kemudian oleskan getah pada bagian luka. Cara yang kedua adalah menumbuk bonggol pisang terlebih dahulu kemudian dioleskan pada bagian yang terkena luka.

Comment