Banner-Pemkot-Mks
Nasional

Petani di Kabupaten Banggai Olah Kotoran Sapi jadi Pupuk Organik

Petani di Kabupaten Banggai Olah Kotoran Sapi jadi Pupuk Organik

LUWUK,BERITA-SULSEL.COM – Dinas Pertanian Kabupaten Banggai melakukan Monitoring dan Evaluasi ke kelompok penerima Bantuan pemerintah Pusat. Bantuan ini diserahkan melalui APBN 2017 dengan aitem kegiatan berupa Unit Pengelolah Pupuk Organik (UPPO).

Bantuan ini bersifat stimulan dan diberikan kepada kelompok tani berupa 10 ekor sapi dan pembuatan kandang sapi, rumah kompos, motor 3 roda, alat pengelolaan pupuk organik (APPO) , Obat- obatan sapi dll, dengan besaran anggaran Rp175.000.000,.

Bantuan ini diberikan kepada Kelompok Tani Lestari, Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai

Kepala seksi Produksi Bidang Tanaman Pangan, Rusli Sampo menuturkan, tujuan dari bantuan ini adalah agar petani bisa menciptakan pupuk oranik sendiri untuk mengantisipasi kelangkaan pupuk yang sering terjadi.

“Petani bisa beralih menggunakan pupuk organik untuk mengembalikan kondisi tanah yang rusak akibat pemakaian pupuk kimia yang berlebihan,” jelasnya, Selasa, (10/10/201).

Rusli berharap petani yang menerima bantuan tak hanya memanfaatkan kotoran sapi sebagai pupuk organik, tapi dijadikan bio gas.

“Jika kita lihat dari segi anggaran tidak mencukupi, pemerintah dalam hal ini dinas pertanian mengharapkan ada upaya kelompok tani untuk melakukan tambahan dana lewat swadaya, agar program ini bisa terlaksana,” ujarnya.

Made Siom, selaku ketua kelompok Tani Lestari menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah Kabupaten Banggai, melalui Dinas Pertanian Banggai yang sudah membatu pihaknya.

“Kami selaku petani pelaksana berharap dengan bantuan ini bisa meningkatkan hasil produksi demi kesejahteraan,” ujarnya.(did)

loading...
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Most Popular

loading...
To Top
%d blogger menyukai ini: