Dr Nurhidayat M Said. Dosen dan Mubaliq Terbitkan 8 Buku

Laporan: Rismawati dan Hasri
Mahasiswa KPI FDK UINAM

Dr Nurhidayat M Said. Dosen dan Mubaliq Terbitkan 8 Buku

BERITA-SULSEL.COM – Dr.Nurhidayat M Said,M.Ag pria kelahiran Palopo, 15 April 1971 adalah dosen yang terkenal cerdas, tegas dan berwibawa.


Dia kerap dipanggil pak Dayat, dosen di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) yang patut diacungi jempol dan patut diteladani.

Selama kurang lebih 22 tahun jadi dosen dia telah menerbitkan 8 buku,selain itu juga dikenal seorang muballig handal.

Saat ditemui di ruangannya pada Selasa, (24/10/2017 Ketua Prodi S2 KPI PPs-UIN Alauddin Makassar ini mengemukakan bahwa ia tidak pernah berpikiran untuk menjadi dosen, melainkan jadi penerbang,tentara ataupun polisi.

Namun setelah menjalani pendidikan di MTs dan SMEA di Palopo, harapannya menjadi penerbang ataupun tentara pupus disebabkan oleh faktor tinggi badan yang tidak cukup

Karena harapan telah pupus, Dayat berencana melanjutkan studi di Universitas Haluoleo Kendari, jurusan ekonomi, namun sang ibu tidak memberikan izin dengan alasan jarak yang jauh.

Mantan sekretaris prodi Manajemen Dakwah FDK UIN Alauddin ini percaya bahwa Allah SWT bisa menunjukkan jalan yang lebih baik, pasti ada hikmah dibalik kegagalan menjadi penerbang atau pun kuliah di Kendari

Jalan yang ia pilih, kuliah di IAIN Alauddin Makassar dan mengambil konsenterasi PPAI (sekarang KPI), Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan mengikuti kata hatinya.

“Di bangku kuliah, disinilah saya menemukan potensi dan bakat saya di bidang dakwah dan intelektual,” ujarnya.

Menggeluti bidang dakwah,ia mampu membawakan ceramah dari mimbar ke mimbar,bahkan hingga ke luar negeri.
Itulah yang menjadikan seorang muballig handal dan terkenal dikalangan masyarakat hingga saat ini.

Tidak lama setelah menyelesaikan S1, Dayat dinyatakan lulus menjadi dosen di FDK UINAM namun ia belum puas akan hal itu.

Dia kemudian melanjutkan studi ke jenjang S2 Magister Pemikiran Islam IAIN Alauddin Makassar dan mencapai gelar S3 di PPs- UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2008

Selama berprofesi sebagai dosen dia juga pernah menjabat sebagai sekretaris jurusan manajemen dakwah, Ketua jurusan jurnalistik,Kepala Perpustakaan FDK,dan staf ahli wakil rektor 1 UIN Alauddin Makssar.

Karya yang pernah dipublikasikan diantaranya : Pembaruan Pemikiran Islam di Indonesia, Jalan Tengah dalam Dakwah, Dakwah dan Tantangan Globalisasi, Buku Relasi Diri dengan Diri,dan masih banyak lagi karya karya lainnya.

Selain menjadi dosen,mantan wakil dekan 1 FDK ini juga seorang imam di Masjid Gowa dan Sekretaris RT di kompleks Graha Cipta Hertasning.

Ditengah kesibukannya,ia tak lupa meluangkan waktu dengan keluarga, terutama dengan anaknya.

Setiap pagi ia mengantar anaknya kesekolah dan juga menjemputnya sepulang sekolah, bercengkrama dgn keluarga pun dilakukannya serta membaca dan mengoreksi disertasi mahasiswa.

“Diharapkan para aktivis kampus dapat memperbanyak referensi untuk memperluas wawasannya karena hal yg penting kita wariskan adalah ilmu,bukan harta,”tuturnya.(*)

 

 

 

Comment