Linda Hardianti, Dosen KKPK Kebidanan FKM UMI

Linda Hardianti

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Menjadi seorang tenaga pengajar, dalam hal ini dosen merupakan salah satu pekerjaan mulia. Selain belajar untuk diri sendiri, dosen juga mengambil peran penting dalam hal mencerdaskan kehidupan bangsa.

Linda Hardianti yang akrab disapa Linda, salah satu dosen yang dimiliki jurusan kebidanan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (UMI).


“Belum lama menjadi dosen, baru terangkat tahun 2015 lalu, dan langsung menjadi dosen tetap di FKM UMI,” ujarnya saat ditemui di lobi fakultas, Kamis (26/10/2017).

Linda mengaku, sewaktu muda ia tidak memiliki perencanaan sedemikian rupa atas pendidikan maupun karirnya.

“Tamat Sekolah Menengah Atas (SMA), iseng saja minta sama orang tua untuk kuliah di Kota Jakarta mengambil FKM,” ucapnya.

Meski terbilang baru, lulusan Universitas Respati Indonesia ini mengajarkan mata kuliah yang sangat penting bagi mahasiswanya di jurusan kebidanan.

“Keterampilan Klinik Praktek Klinik (KKPK) adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang kebutuhan dasar manusia seperti penyakit, rasa kasih sayang, dan aktualisasi diri,” jelasnya.

Kata dia, KKPK sangat penting karena ilmu ini berkelanjutan hingga semester akhir, bahkan sampai dunia kerja.

Perempuan kelahiran Takkalasi ini mengatakan, selama mengajar ia menyadari bahwa mahasiswa yang dulunya merupakan tamatan SMK sangat jauh berbeda dengan tamatan SMA.

“Lulusan SMK Kesehatan tentu ada basic dalam ilmu yang dipelajari sekarang, sedangkan lulusan SMA bahkan istilah sederhana kadang masih sulit mereka pahami. Kendalanya lebih pada memberikan pemahaman merata kepada seluruh mahasiswa,” ujarnya.

BIODATA

Nama lengkap : Linda Hardianti S.ST
TTL : Takkalasi, 19 April 1990
Alamat : BTN Mangga Tiga Blok C 3/35
Hobi : Nonton
Status : Menikah
Mata Kuliah :

  • KKPK
  • Laboratorium 2
  • Ilmu Gizi

Riwayat pendidikan :

  • S1 FKM Universitas Respati Indonesia

Comment