Banner-Pemkot-Mks
Opini

Ayo Makan Ikan

Andriani Yuli Saputri

Oleh ; Andriani Yuli Saputri

Mahasiswa FKM UMI

INDONESIA sebagai negara maritim mempunyai wilayah yang sebagian besar terdiri dari lautan. Oleh karenanya, konsumsi ikan oleh masyarakat Indonesia cukup tinggi.

Namun saat ini masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa daging lebih bergizi daripada ikan. Ini adalah anggapan yang sangat keliru, meskipun ikan harganya lebih murah daripada daging namun kandungan gizi dari ikan sangatlah tinggi.

Salah satu sumber protein alami adalah yang berasal dari ikan laut. Protein yang berasal dari ikan laut tersusun oleh asam amino yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Selain itu, protein yang barasal dari ikan mudah di absorbsi oleh tubuh.

Ikan laut memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi. Ini dikarenakan ikan laut memiliki kemampuan untuk mempertahankan suhu tubuhnya, sehingga lemak dalam tubuh ikan tetap dalam keadaan cair jika didalam air laut.

Kandungan utama dari ikan laut adalah zat makro, misalnya protein tinggi, lemak, vitamin, dan mineral.
Manfaat ikan laut jika dikonsumsi setiap hari secara teratur antara lain ;
1. Mencegah Penyakit Jantung
Pada orang dewasa, Omega 3 berfungsi untuk menurunkan resiko penyakit jantung koroner dan menunjang kekebalan tubuh. Kandungan asam lemak omega 3 sangatlah baik untuk mempertahankan fungsi jantung, vena dan arteri jantung.
2. Membantu Pembentukan Otak
Kandungan Omega 3 dalam ikan merupakan salah satu zat yang dubutuhkan untuk pembentukan sel-sel otak. Oleh karena itu, para ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan yang kaya akan Omega 3 seperti ikan Salmon, agar pembentukan sel otak bayinya dapat optimal.
3. Menyehatkan Tulang
Tulang kita membutuhkan asupan Vitamin D dan Fosfor yang cukup. Ikan merupakan salah satu sumber Vitamin D yang sangat baik bagi tubuh kita.
4. Menyehatkan Kulit dan Rambut
Kandungan asam lemak Omega 3 dapat membantu mengatasi masalah kesehatan kulit dan rambut kita.
5. Kesehatan Mata
Jika kita rutin makan ikan minimal 2 porsi dalam seminggu, dapat mengurangi resiko kebutaan karena faktor usia. Ini disebabkan karena adanya senyawa taurin dalam ikan yang berguna untuk menunjang fungsi kognitif dan fungsi retina mata.
6. Mengobati Anemia
Kandungan vitamin B kompleks dalam ikan berfungsi untuk meringankan resiko penyakit anemia.
7. Mengurangi Resiko Terkena Kanker
Kandungan Vitamin B2 (Zat Riboflavin) dalam ikan dapat mengurangi resiko terkena kanker jika ikan dikonsumsi secara rutin.
8. Melawan Peradangan
EPA merupakan salah satu jenis asam lemak omega 3 yang banyak terdapat dalam ikan yang dapat memberikan respon inflamasi positif yang sangat baik sehingga dapat mengurangi peradangan pada sendi, prostat, dan kandung kemih.
9. Menurunkan Berat Badan
Kandungan DHA dalam minyak ikan dapat menghentikan konversi Pra Lemak kedalam lemak, sehingga penumpukan lemak dapat dikurangi secara keseluruhan.

Demikian uraian singkat dari saya tentang pentingnya makan ikan serta manfaat yang diperoleh jika kita mengkonsumsi ikan laut secara rutin dan teratur. Tentu tidaklah susah bagi kita untuk memperoleh ikan laut yang segar dan berkualitas didaerah kita, mengingat Indonesia sebagian besar terdiri dari lautan (Maritim).

Selain mudah diperoleh, ikan juga memiliki harga yang relatif murah, namun kandungan gizi dalam ikan laut sangatlah tinggi. Oleh karena itu, saya anjurkan agar seluruh warga Indonesia dapat mengkonsumsi ikan minimal seminggu sekali, dengan cara pengolahan direbus, dikukus, dipanggang, ataupun digoreng.
Semoga isi dari artikel ini dapat membawa manfaat bagi kita semua.

loading...
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Most Popular

loading...
To Top
%d blogger menyukai ini: