Banner-Pemkot-Mks
Opini

Stop Makan Berdiri

Husnul Khatimah

Husnul Khatimah

Mahasiswa FKM UMI

TENTU kita selalu beranggapan bahwa kebiasaan yang kita lakukan merupakan hal biasa saja atau tidak memiliki dampak buruk bagi kesehatan, sehingga banyak yang tidak sadar bahwa penyakit telah menghampiri.

Penyakit akan menyerang ketika gaya dan pola hidup yang kita lakukan sehari-hari itu salah. Seperti makan berdiri, dampak yang ditimbulkan ketika makan sambil berdiri yaitu kinerja pencernaan menurun, makanan akan lebih cepat jatuh kedalam lambung.

Keadaan ini menyebabkan dinding lambung mengalami luka atau iritasi, karena di lambung makanan akan bertumpuk, sehingga organ pencernaan harus bekerja keras untuk mencerna makanan. Hal ini menyebabkan rasa nyeri didalam perut, lalu kita akan mengalami perasaan mual lalu muntah, akhirnya kinerja pencernaan tidak berjalan lancar.

Makan sambil berdiri termasuk cara yang tidak sopan, selain itu juga berdampak pada ulu hati. Ketika kita makan sambil berdiri tanpa minum, otot-otot pencernaan akan meregang dan aliran darah di sekitar ulu hati tidak berjalan dengan lancar. Keadaan ini akan menyebabkan keringat dingin dan stress secara bersamaan.

Banyak sekali yang kita temui termasuk di sekolah ataupun kampus, orang yang makan sambil berjalan, entah mereka sadar atau tidak. Sesungguhnga mereka telah melakukan hal yang kurang tepat, karena kebiasaan itu ternyata dapat menyebabkan gangguan pada kesehatannya.

Nah itulah sedikit penjelasan dari saya mengenai pola dan gaya hidup yang salah, jadi harapan saya jangan pernah menyepelehkan sesuatu karena jangan sampai itu dapat mengganggu kesehatan kita.

 

loading...
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Most Popular

loading...
To Top
%d blogger menyukai ini: