Banner-Pemkot-Mks
Profil

Rahmawati Ramli, Dosen Keperawatan Gerontik FKM UMI

Rahmawati Ramli

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Dalam perkembangan fasilitas dan teori ilmu kesehatan saat ini membuat kondisi dimana terjadi peningkatan angka harapan hidup.

Dengan peningkatan angka harapan hidup ini, maka kedepan dipastikan akan ada pelonjakan jumlah lansia yang ada di Indonesia. Penerapan ilmu kesehatan untuk lansia sangat dibutuhkan dalam menangani permasalahan jika kondisi ini semakin meningkat.

Rahmawati Ramli, S.Kep.,Ns., M.Kes contohnya, dosen mata kuliah keperawatan gerontik di Program Studi (Prodi) Keperawatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI).

Rahmawati mengaku penbelajaran keperwatan gerontik ini sangat penting dalam pemberian asuhan kesehatan kepada lansia.

“Sesuai dengan namanya, gerontik ini mengantisipasi jika ada masalah penyakit pada kondisi manusia yang menua,” ujarnya saat ditemui di Ruang dosen FKM UMI, Kamis (2/11/2017).

Peningkatan jumlah lansia diera sekarang ini bukanlah hal yang dianggap biasa, maka dibutuhkan edukasi khusus dalam pemberian asuhan kesehatan pada kondisi tubuh yang menua.

“Dalam kondisi ini ada aspek negatif dan positifnya karena ini menyangkut tingkatan jumlah lansia,” tuturnya.

Positifnya, aspek pembangunan yaitu pertumbuhan masyarakat Indonesia semakin baik, sehat, mandiri dan produktif.

Negatifnya, semakin banyak beban yang ditanggung oleh pemerintah terkait lansia. Hal ini yang kemudian mendasari perlunya keperawatan gerontik di konsumsi oleh mahasiswa.

Saat sekarang ini Usia Harapan Hidup lansia (UHH) semakin tinggo. Tingginya UHH merupakan salah satu indikator keberhasilan pencapaian pembangunan nasional terutama di bidang kesehatan.

“Sejak tahun 2004-2015 memperlihatkan adanya peningkatan Usia Harapan Hidup di Indonesia dari 68,6 tahun menjadi 70,8 tahun dan proyeksi tahun menjadi 70,8 tahun dan proyeksi tahun 2030-2035 mencapai 72,2 tahun,” tutupnya.

Biodata

Nama : Rahmawati Ramli S.Kep., Ns., M.Kes
TTL : Segeri, Pangkep 19 Juli 1987
Alamat : Jalan Tinumbu Lorong 135 C No. 9

Status : Menikah

Nama : Fahrianto Sofyan, S.KM
Anak : Sheza Farzana Fahrianto

Riwayat Pendidikan Tinggi :

2010 S1 Keperawatan UMI
2012 Stikes Mega Rezky
2017 S2 Kesehatan Masyarakat UMI

Dosen Mata Kuliah :
Keperawatan Gerontik, Komunikasi Keperawatan, Keterampilan Dasar Dalam Keperawatan, dan Keperawatan Paliatif dan Menjelang Ajal. (*)

 

 

loading...
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Most Popular

loading...
To Top
%d blogger menyukai ini: