3.450 Peserta Meriahkan Hari Kesehatan Nasional ke-53 di Luwu Utara

3.450 Peserta Meriahkan Hari Kesehatan Nasional ke-53 di Luwu Utara

LUTRA, BERITA-SULSEL.COM – 3.450 peserta ikut memeriahkan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 di Lapangan Tamsis Masamba Kabupaten Luwu Utara.

Sebagai tuan rumah, Luwu Utara tampil sebagai peserta terbanyak dengan 2.000 peserta.


Disusul Kabupaten Luwu dengan 700 peserta, kemudian Kota Palopo 500 peserta. Kabupaten Luwu Timur 200 peserta, lalu berturut-turut Tana Toraja dan Toraja Utara yang mengirim jumlah peserta identik, masing-masing 25 peserta.

Pembukaan HKN ke-53 ini dibuka Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Ribuan peserta masuk ke lapangan diawali dengan perkenalan defile dari masing kabupaten dan kota. Lalu dilakukan pelepasan beberapa balon ke udara sebagai tanda acara HKN ke-53 resmi dibuka.

Acara kali ini mengangkat tema “Kujaga Sehatku Segenap Jiwa Ragaku”, juga dilakukan Launching Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan Nasional dan Launching Kesehatan Olahraga.

Launching tersebut adalah bukti bahwa pemerintah daerah begitu concern terhadap upaya menyehatkan masyarakat di Kabupaten Luwu Utara dan tentunya akan berperan aktif dalam setiap upaya pemberian jaminan kesehatan terhadap masyarakat itu sendiri.

Bupati Lutra, Indah Putri mengatakan, bahwa setiap insan kesehatan harus mampu memberikan pelayanan sepenuh hati, sehingga pelayanan kesehatan di Luwu Utara dari waktu ke waktu bisa semakin membaik.

“Menjaga kesehatan itu harus dimulia dari diri sendiri. Itulah sebabnya kita mengangkat tema Kujaga Sehatku Segenap Jiwa Ragaku,” ujar Indah di hadapan ribuan peserta.

Indah menambahkan, membangun bangsa yang sehat harus tulus mengabdi sepenuh jiwa raga.

“Kegiatan peringatan HKN ke-53 juga diharapkan menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan dalam membangun silturahmi dan solidaritas serta menjadi bagian konsolidasi bersama dalam membangun bangsa yang sehat dari pinggiran sesuai nawacita presiden,” tambahnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Luwu Utara, Andi Muhammad Nasrun, usai pembukaan mengatakan, generasi yang cinta sehat adalah generasi yang senantiasa mengingatkan kembali bahwa sehat itu harus dijaga, terlibat aktif dalam jaminan kesehatan nasional, untuk dapat mencapai layanan kesehatan yang kuat.

“Sebagai insan kesehatan yang peduli dengan generasi yang sehat, harus senantiasa saling mengingatkan bahwa sehat itu harus dijaga sepenuh jiwa dan raga sesuai tema yang kita angkat bersama di HKN ini,” ujar Nasrun.

Kegiatan ini rencananya berlangsung selama tiga hari. Dimeriahkan dengan berbagai pertandingan olahraga, baik internal seperti pemeriksaan kesehatan, sepeda sehat, dan lomba penyuluhan kader kesehatan, maupun eksternal seperti lomba defile, jalan sehat, lomba senam massal, dan lomba olahraga lainnya, dipusatkan di Kota Masamba. (*)

 

 


Comment