Banner-Pemkot-Mks
Life Style

Kiat Bebas Stres saat Terjebak Macet

Kemacetan Mengular di Jalan Dr. Leimena Akibat Betonisasi

BERITA-SULSEL.COM – Beban dan rasa lelah akibat bekerja seharian tidak serta-merta lepas saat jam pulang kantor. Ini karena sebagian besar pekerja di kota besar seperti Jakarta harus berhadapan dengan kemacetan, yang bisa menyebabkan stres.

Tenang, tidak perlu galau berlebihan. Kiat berikut dapat membantu Anda terbebas dari rasa stres saat terjebak macet:

1. Atur pernapasan

Kemacetan lalu lintas di jam pulang kantor adalah hal yang mustahil untuk dihindari. Daripada menggerutu atau protes yang bisa bikin Anda makin stres, lebih baik Anda mengatur pernapasan.

Tarik napas dalam-dalam, kemudian keluarkan. Lakukan hal tersebut secara berulang setiap kali Anda merasa kesal dengan kemacetan. Teknik ini telah terbukti dapat membuat relaks, dan memberi Anda perasaan nyaman.

2. Manipulasi kondisi

Mengutip Psychology Today, memanipulasi kondisi macet bisa jadi satu cara yang dapat Anda coba untuk menghindari stres. Anda hanya perlu mengalihkan fokus dan perhatian Anda.

Pikirkanlah bahwa macet yang Anda rasakan adalah satu kesempatan untuk sejenak mengistirahatkan tubuh. Anda tak perlu berjalan, mengetik atau bahkan menyusun bahan presentasi di tengah kemacetan. Daripada meratapi, ambil kesempatan ini untuk mendengarkan musik atau acara radio favorit Anda.

3. Nikmati perjalanan

Duduk untuk waktu yang lama di balik kemudi memang hal yang sangat membosankan. Namun bukan berarti Anda tak bisa menikmatinya. Untuk menghindari stres, cobalah untuk selalu menyediakan camilan atau setidaknya permen karet di sekitar Anda.

Nyatanya, kebiasaan menyimpan makanan dan minuman juga berguna jika Anda memiliki riwayat penyakit mag. Jam lalu lintas yang tak dapat diprediksi bisa memicu kambuhnya penyakit Anda, dan menyebabkan kram perut.

4. Berolahraga

Terjebak di tengah kemacetan bukan berarti Anda tidak bisa melakukan hal-hal lain. Anda bahkan bisa berolahraga di dalam mobil sambil menunggu macet terurai.

Mulailah dengan leher Anda. Lakukan peregangan saat Anda mulai merasakan lelah di sekitar tengkuk. Gerakkan leher ke kiri dan ke kanan. Hal serupa juga bisa Anda terapkan pada kedua lengan dan kaki bahkan punggung.

Selalu ingat bahwa keselamatan adalah hal yang paling utama. Melakukan aktivitas untuk meredakan stres selagi mengemudi memang sah-sah saja. Namun Anda tetap harus fokus

loading...
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Most Popular

loading...
To Top
%d blogger menyukai ini: