Hari Pahlawan, Rektor UNM Ajak Pemuda dan Mahasiswa Lakukan Ini

Prof Husian Syam Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di UNM

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Husain Syam, M.TP mengajak semua negerasi muda, khususnya para mahasiswa untuk mengisi kemerdekaan dengan belajar, bekerja dan berkarya.

Kata dia, setiap orang, khususnya generasi muda, bisa meneladani para pahlawan dengan melihat rekam jejak mereka. Para pahlawan bisa menjadi inspirasi dan motivasi untuk banyak berkiprah.


“Kita patut bersyukur atas apa pun yang kita nikmati saat ini. Kita harus mengucapkan terima kasih kepada mereka yang berjuang untuk yang yang kita nikmati sekarang. Sebagai manusia kita suka lupa pada peristiwa lampau, sejarah, dan perjuangan pahlawan. Oleh karena itu, jangan lupakan yang telah dilakukan pahlawan. Namun, untuk mengingatnya jangan sekadar selebrasi,” ujarnya kepada wartawan usai memimpin upacara peringatan hari pahlawan nasional 10 November 2017 di Menara Pinisi, di Jalan AP Pettarani.

Upacara ini berlangsung khidmat dan diikuti oleh seluruh elemen kampus mulai dari mahasiswa, dosen, hingga pimpinan universitas.

“Mempersiapkan SDM yang handal untuk mengisi pembangunan dalam rangka memajukan republik ini, sebagaimana cita-cita pahlawan kita dulu,” ujar Rektor UNM,

Kata dia, UNM mengambil peran penting dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di Kawasan Timur Indonesia.

Terkait peringatan hari pahlawan nasional, Prof. Husain berharap agar pemuda masa kini bisa menjadi pahlawan dengan menunjukkan kreativitas serta inovasi.

“Kalau perlu kita buat pameran hasil cipta anak negeri,” ucapnya.

Ia mengatakan, banyak kultur negatif yang harus diubah untuk membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

“Ubah kebiasaan dulu, isi dengan karya positif yang bisa disumbangkan untuk kemaslahatan seluruh rakyat serta kemajuan bangsa, bukan malah menghadirkan demo yang tidak bermakna di setiap peringatan hari besar,” jelasnya. (*)

 

Comment