Kiat Menciptakan Pola Tidur Sehat

ilustrasi tidur subuh

BERITA-SULSEL.COM – Ada pepatah yang mengatakan, “Kasur yang empuk bisa dibayar, namun tidur yang pulas tidak dapat dibeli.” Pepatah tersebut seakan menggambarkan bahwa pola tidur yang baik dan benar tergolong sulit untuk didapatkan.

Tidur adalah saat di mana sel-sel memperbaiki diri, agar tubuh siap kembali menghadapi kegiatan esok hari. Secara psikis, pola tidur yang baik dapat mengurangi stres dan menjaga konsentrasi serta ketelitian, termasuk menjaga fungsi memori dan sistem kekebalan tubuh tetap baik.


Tidak hanya itu, hormon yang dilepaskan dari tubuh ketika tidur juga berfungsi mengatur nafsu makan agar tidak berlebihan. Ini membuat orang yang kurang tidur makan lebih banyak daripada mereka yang cukup tidur.

Waktu Tidur Ideal

Terkait waktu tidur yang ideal, National Sleep Foundation merekomendasikan bahwa usia dewasa muda (18–25 tahun) dan usia dewasa (26–64 tahun) untuk tidur 7–9 jam per hari, atau setidaknya tidak kurang dari 6 jam per hari. Sedangkan untuk usia di atas 64 tahun, waktu tidur yang dianjurkan adalah 7–8 jam per hari.

Pentingnya Pola Tidur Teratur

Pola tidur yang teratur sangat baik untuk siklus bioritmik tubuh. Dengan ini, tubuh akan terbiasa dengan siklus yang tetap, sehingga dapat mengeluarkan hormon sesuai dengan aktivitas yang dilakukan.

Sedangkan pola tidur yang tidak teratur akan membuat pengeluaran hormon dari dalam tubuh menjadi kacau. Hal ini membuat Anda stres, mengantuk di waktu yang tidak diinginkan, dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Menciptakan Pola Tidur yang Baik

Untuk menciptakan pola tidur yang baik, Anda perlu terlebih dahulu mendapatkan tidur yang berkulitas. Berikut kiatnya:

Persiapkan diri
Agar tidur lebih berkualitas, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan diri untuk tidur. Ini berarti Anda harus membatasi segala aktivitas, termasuk memegang gawai, saat masuk waktu tidur.

Minum segelas susu hangat
Segelas susu hangat sebelum tidur dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan nyaman. Terkait hal ini, ingatlah untuk memilih susu tanpa lemak dan gula.

Kondisikan diri dan kamar tidur Anda
Pastikan Anda menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman untuk tidur. Matikan lampu atau buatlah suasana kamar tidur Anda lebih teduh. Usahakan suhu ruangan sejuk atau tidak terlalu panas.

Hindari ini
Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan berat, kopi atau teh sebelum tidur. Jika memungkinkan, sebaiknya hindari juga untuk berolahraga di malam hari.

Dengan pola tidur yang baik, kesehatan tubuh Anda akan terus terjaga sepanjang masa. Pastikan Anda tidak lupa untuk melakukan pengecekan kolesterol secara teratur, mengawasi asupan dan pola makan, nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol, giat berolahraga, kendalikan berat badan dan hindari stres, awasi tekanan darah, lengkapi dengan konsumsi plant stanol ester.

Comment