Banner-Pemkot-Mks
Life Style

Minyak Kelapa Lancarkan Persalinan, Mitos atau Fakta?

Kebun Kelapa.

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Persalinan. Salah satunya mengenai konsumsi minyak kelapa pada ibu hamil, yang nantinya dapat melancarkan proses persalinan. Bagaimana fakta medisnya?

Hingga saat ini, belum ada literatur atau penelitian yang dapat membuktikan manfaat minyak kelapa untuk melancarkan persalinan. Ini karena minyak kelapa yang diminum akan masuk ke saluran pencernaan, sementara proses persalinan berlangsung di saluran reproduksi wanita (vagina). Keduanya merupakan saluran yang berbeda dan tidak berhubungan, sehingga minyak kelapa tidak terbukti dapat melancarkan proses persalinan.

Faktanya, ada tiga faktor utama yang memengaruhi proses persalinan, yakni:

Seorang ibu hamil harus cukup energi untuk dapat mengejan. Kemudian, ukuran panggul pun harus cukup untuk dilewati oleh bayi. Berat janin juga tidak boleh terlampau besar, agar dapat melewati panggul ibu dengan mulus.

Apabila satu dari tiga faktor tersebut ada yang tidak memenuhi syarat, misalnya ibu yang kelelahan, panggul ibu sempit, atau bayi yang terlampau besar, maka persalinan akan berlangsung lebih sulit, sekalipun sudah minum minyak kelapa dengan rutin selama hamil.

Meski demikian, Anda tetap boleh mengonsumsi minyak kelapa selama hamil. Ini karena minyak kelapa merupakan sumber lemak yang baik untuk menunjang perkembangan otak janin. Selain itu, energi dari minyak kelapa juga berguna untuk ibu hamil agar tetap bugar menjalani kehamilan dan persalinan.

Tentu saja, konsumsi minyak kelapa selama hamil tetap ada batasnya. American Heart Association menyebutkan, batas aman konsumsi minyak kelapa dalam sehari adalah 13 gram atau setara dengan satu sendok makan.

Minyak kelapa memang tidak bisa membantu melancarkan proses persalinan. Namun dengan cara dan jumlah yang tepat, konsumsi minyak kelapa selama hamil mendatangkan banyak manfaat bagi ibu dan bayi yang ada di dalam kandungannya.

loading...
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Most Popular

loading...
To Top
%d blogger menyukai ini: