Banner-Pemkot-Mks
Life Style

6 Cara Mudah Tingkatkan Kesehatan Mental

Menjaga Mental Tetap Sehat dengan Memaafkan

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Menjaga kesehatan bukan hanya perkara bagaimana menjaga tubuh tetap sehat. Ada hal lain yang juga harus diperhatikan, yaitu kesehatan mental. Setiap orang memiliki respons berbeda terhadap stres dan kecemasan. Semuanya dapat berubah karena adanya perubahan lingkungan serta tahapan kehidupan yang berbeda.

Dengan adanya perubahan tersebut, maka setiap orang diharapkan mampu menjaga kesehatan mentalnya dengan baik. Berikut ini adalah enam cara untuk meningkatkan keselarasan jiwa Anda:

1. Rutin beraktivitas fisik

Untuk menjaga kesehatan mental, cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan aktivitas fisik yang tepat. Menjadi aktif tak harus pergi ke gym. Anda dapat melakukannya di manapun, baik itu di rumah atau kantor, asalkan tubuh Anda terus bergerak.

Aktivitas fisik yang teratur dipercaya dapat mengurangi stres, memperbaiki aliran darah, menyeimbangkan kadar gula darah, dan membantu proses detosifikasi–yang semuanya merupakan faktor penting untuk kesehatan mental yang optimal

2. Tidur yang cukup

Banyak orang menganggap sederhana aktivitas tidur. Padahal, tidur adalah waktu dimana tubuh memperbaiki dirinya agar dapat bekerja optimal. Risiko penyakit akan meningkat apabila kualitas tidur seseorang buruk.

Sebuah studi menunjukkan, tidur 7 jam adalah waktu terbaik yang dibutuhkan untuk mencapai kesehatan mental yang optimal.

3. Manajemen stres

Bagaimana Anda merespons stres dapat menyelamatkan hidup Anda dari depresi. Untuk itu, Anda harus pandai mengatur stres yang datang setiap hari ke dalam hidup Anda.

Meditasi atau yoga dapat Anda coba untuk meredakan stres. Selain itu, berjalan-jalan dan bertemu dengan orang-orang yang Anda cintai juga dapat mengatasi stres emosional yang Anda alami.

4. Batasi asupan gula

Makanan bisa menjadi ‘obat’. Namun, makanan tertentu juga bisa menjadi racun bagi tubuh. Konsumsi gula merupakan pendorong utama terjadinya peradangan kronis dalam tubuh.

Di samping itu, konsumsi gula dalam jumlah berlebihan dapat memicu gangguan kesehatan, baik mental maupun fisik. Pastikan asupan gula harian Anda tidak melebihi ambang batas.

5. Jaga kesehatan usus

Menurut seorang ahli, toksisitas pada usus dapat mengalir ke seluruh tubuh termasuk ke otak, hal ini dapat menyebabkan gejala autisme, ADHD, depresi hingga skizofrenia. Oleh karena itu, dengan Anda menjaga kesehatan usus, otomatis hal ini dapat menciptakan kesehatan mental yang kuat.

6. Lakukan hobi

Melakukan hobi yang benar-benar Anda sukai dan kuasai dapat membantu mengatasi tekanan. Anda juga akan makin percaya diri serta bergairah. Berkebun, memasak, melukis, bermain musik merupakan beberapa contoh aktivitas yang dapat membantu Anda mengekspresikan diri.

Kesehatan mental Anda sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Oleh karena itu, keduanya harus dijaga dengan baik agar kualitas hidup Anda tetap terpelihara.

loading...
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Most Popular

loading...
To Top
%d blogger menyukai ini: