Banner-Pemkot-Mks
Life Style

Lawan Stres dengan Mengonsumsi 10 Makanan Ini

Begini Cara Mengatasi Stres dan Depresi

BERITA-SULSEL.COM – Jakarta Pekerjaan yang menumpuk dan kondisi keuangan yang menurun bisa menyebabkan stres. Stres yang berlarut-larut dapat memengaruhi emosi dan mental, serta mengganggu sistem imun. Akibatnya, tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

Menurut dr. Alvin Nursalim, stres dapat menyebabkan peningkatan berbagai zat peradangan yang memengaruhi tubuh.Selain itu, berbagai zat kimia di talam tubuh dapat mengubah sistem metabolisme, sehingga menyebabkan tekanan darah, sakit kepala, serta masalah pencernaan dan kulit.

Untuk mengatasi stres, Anda bisa menceritakannya kepada orang yang Anda percaya, berpartisipasi dalam kegiatan sosial, serta meditasi atau yoga. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi beberapa makanan yang dipercaya dapat meredakan stres.

Beberapa jenis makanan yang dinilai bisa meredakan stres di antaranya:

1. Asparagus

Stres dikaitkan dengan tingkat asam folat yang rendah. Asparagus merupakan salah satu sayuran yang dapat meningkatkan asam folat. Makanan ini sangat baik bila diproses dengan dikukus, karena nutrisi yang ada di dalamnya masih terjaga.

2. Alpukat

Rasa cemas bisa terjadi karena defisiensi vitamin B. Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya vitamin B. Mengonsumsi alpukat bisa membantu meredakan stres, serta menjaga kesehatan saraf dan sel otak. Alpukat juga mengandung lemak baik dan potasium yang membantu menurunkan tekanan darah.

3. Blueberry

Ukuran buah yang satu ini memang kecil, tetapi segenggam blueberry sangat kaya akan antioksidan dan vitamin C. Saat tubuh sedang stres, keduanya dapat memperbaiki dan melindungi sel tubuh.

4. Almon

Almon mengandung vitamin B2 dan E. Kedua vitamin ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama stres.

1 dari 2 halaman
Selanjutnya

5. Susu

Susu mengandung antioksidan yang tinggi, vitamin B2 dan B12, serta protein dan kalsium. Protein di dalam susu memiliki efek menenangkan dengan menurunkan tekanan darah. Segelas susu hangat sebelum tidur dapat menjadi asupan yang baik untuk mengatasi insomnia dan perasaan gelisah.

6. Salmon

Salmon adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan omega-3,yang dapat membantu menjaga kadar hormon kortisol dan adrenalin di dalam tubuh.

7. Jeruk

Vitamin C pada jeruk dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar hormon kortisol. Untuk mendapatkan manfaat dari vitamin C, makan satu buah utuh atau minum segelas jus jeruk tanpa gula.

8. Oatmeal

Konsumsi oatmeal dapat menyebabkan otak menghasilkan serotonin. Serotonin tidak hanya memiliki sifat antioksidan, namun juga menciptakan rasa menenangkan yang membantu mengatasi stres. Studi telah menunjukkan bahwa anak-anak yang makan oatmeal untuk sarapan pagi lebih mampu berkonsentrasi sepanjang pagi.

9. Teh hijau

Periset di University of Illinois System, Amerika Serikat, mengatakan, teh hijau dapat melindungi tubuh terhadap beberapa jenis kanker, sekaligus meningkatkan kinerja mental. Anda dapat minum dua cangkir teh hijau setiap hari tanpa gula.

10. Cokelat

Banyak fakta mengungkapkan, cokelat masuk dalam daftar makanan sehat yang memiliki hubungan dengan suasana hati. Dark chocolate dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan perasaan tenang, karena mengandung lebih banyak polifenol dan flavonoid.

Bila stres melanda, konsumsilah beberapa makanan di atas. Namun jika semua makanan tersebut tidak mampu meredakan stres Anda, segeralah konsultasikan dengan psikolog atau psikiater.

loading...
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Most Popular

loading...
To Top
%d blogger menyukai ini: