Banner-Pemkot-Mks
News

Lembaga Kearsipan Daerah Wajib Memiliki Ini

Lembaga Kearsipan Daerah Wajib Memiliki Ini

LUTRA, BERITA-SULSEL.COM – Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) diseluruh tingkatan pemerintahan, baik provinsi, kabupaten dan kota wajib memiliki tiga tempat arsip, yakni central file, record center, dan depot arsip.

Tiga tempat arsip ini telah direkomendasikan di dalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dan PP Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan UU Nomor 43 tentan Kearsipan.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Persipda) Luwu Utara, Maharuddin, saat mengikuti Diklat Tekhnis Penyelenggaraan Kearsipan di Yogyakarta 9 November kemarin.

“Tiga kata yang biasa-biasa saja jika hanya dibaca sepintas, bahkan untuk seniman dapat dimaknai seperti sebaris puisi yang indah. Namun sebagai pembina kearsipan di daerah, LKD wajib memiliki tiga tempat arsip tersebut,” ungkapnya.

Kata dia, central file adalah tempat penyimpanan arsip yang dikelola oleh Tenaga Fungsional Arsiparis atau Tenaga Tekhnis Kearsipan lainnya, dan wajib dimiliki oleh setiap bagian atau bidang pada semua SKPD.

“Semua arsip yang tercipta pada tahun berjalan disimpan pada central file sesuai klasifikasi arsip dan sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip serta dipertanggungjawabkan Kepala Bagian/Bidang pada sebuah SKPD,” terangnya.

Sementara record center, lanjut Mahar, adalah tempat penyimpanan arsip yang dikelola tenaga fungsional arsiparis atau tenaga tekhnis kearsipan lainnya.

“Semua arsip yang tersimpan pada central file, di tahun berikutnya harus disimpan di record center dan dipertanggungjawabkan oleh Kepala SKPD untuk dihitung penyusutannya sesuai Jadwal Retensi Arsip (JRA) fasilitatif dan Jadwal Retensi Arsip (JRA) subtantif yang dikeluarkan dalam bentuk Pergub/Perbup/Perwali,” lanjutnya.

Tempat arsip terakhir yang wajib dimiliki LKD adalah depot arsip. Tempat ini, kata Mahar, adalah tempat penyimpanan dan layanan arsip statis, arsip dinamis dengan retensi di atas 10 Tahun.

“Arsip yang simpan di depot arsip ini sifatnya dianggap permanen dan vital oleh LKD dan dipertanggungjawabkan oleh Kepala Lembaga Kearsipan Daerah atau Kepala Dinas yang menangani urusan Kearsipan,” ujar Mahar menambahkan.

Arsip yang diciptakan oleh setiap kantor/lembaga/organisasi yang menggunakan uang negara, dikategorikan sebagai Arsip Negara dan LKD bersama-sama kantor/lembaga/organisasi wajib mengelolanya dengan baik, sehingga pejabat yang menangani masalah kearsipan dapat dipidana jika dengan sengaja tidak melaksanakan proses pemberkasan dan pelaporan.(*)

 

 

loading...
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Most Popular

loading...
To Top
%d blogger menyukai ini: