Banner-Pemkot-Mks
Pendidikan

Ners FKM UMI Siap Unggul Bidang Kegawatdaruratan

Safrudin, S.Kep., Ns., M.Kep.

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Program Studi (Prodi) Profesi Ners Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) mencanangkan mahasiswanya unggul dibidang kegawatdaruratan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Prodi Profesi Ners FKM UMI, Safrudin, S.Kep., Ns., M.Kep. Dirinya mengaku, ilmu kegawatdaruratan merupakan asuhan kesehatan yang sangat berbeda dengan yang lain. Misi penyelamatan pasien untuk terhindar dari cafat fisik bahkan resiko kematian dikonsumsi dalam pembelajaran ini.

“Dalam mewujudkan ini kami telah melakukan simulasi gawat darurat dibeberapa angkatan mahasiswa ners,” ujarnya saat ditemui diruangannya, Selasa (14/11/2017).

Bukan hanya simulasi gawat darurat, Ners FKM UMI juga menjadikan BTCLS sebagai program andalan. BTCLS atau Basic Trauma Cardiac Life Support merupakan pelatihan tindakan untuk memberikan bantuan pada korban bencana atau gawat darurat guna mencegah kerusakan organ bahkan resiko kematian.

“Setiap mahasiswa yang mau melaksanakan praktek profesi di Rumah Sakit, kami bekali dengan latihan BTCLS,” ujarnya.

Selain itu, BTCLS merupakan salah satu prasyarat yang harus dimiliki oleh seorang perawat, baik yang bekerja di pelayanan kesehatan dalam maupun luar negeri, sehingga sangat penting dan wajib diikuti mahasiswa.

“Pelatihan BTCLS itu penting, karena sudah menjadi syarat bagi petugas kesehatan khususnya perawat untuk bekerja di Rumah Sakit,” jelasnya.

 

 

loading...
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Most Popular

loading...
To Top
%d blogger menyukai ini: