UKM Pantun dan Seni Kreatif Unhas Berubah jadi Rumah Pantun Makassar

Laporan : Khasmirah Hamsiohan
Anggota Pecandu Aksara Makassar

Khasmirah Hamsiohan

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Sejarah baru dalam pelestarian seni budaya Makassar kembali menggaung dengan lahirnya Rumah Pantun Makassar (RPM) yang selama ini hanya dikenal di lingkup kampus bernama UKM Pantun dan Seni Kreatif Unhas, di Rutif (Ruang Kreatif) En House Cafe Jalan Dg. Tata, Makassar, Jumat (17/11/2017).


Program atau gerakan yang akan ada di Rumah Pantun Makassar adalah selain melakukan seni pertunjukan pantun juga akan ada pelatihan berpantun untuk anak sekolah yang nantinya bekerjasama dengan dinas terkait serta sosialisasi pantun secara kreatif, mulai dari poster, video dan diskusi.

Rijal Djamal yang merupakan salah satu Pegiat Pantun dan Pendiri Komunitas Pantun dan Seni Kreatif di Unhas. Rijal yang selalu memerankan karakter Ambo dalam setiap pertunjukan Pantunnya menyampaikan bahwa berdirinya Rumah Pantun Makassar ini atas berbagai masukan dari berbagai kalangan, mulai dari akademisi, birokrasi, seniman, pelaku kreatif dan pemerhati kesenian pantun di Kota Makassar.

“Semangat kami mendirikan Rumah Pantun Makassar ini atas Apresiasi yang luar biasa dari masyarakat. Mereka menginginkan agar pelestarian pantun tidak hanya di dalam kampus tapi dapat menyentuh semua lapisan terutama generasi muda hari ini” ujar Rijal selaku pendiri Rumah Pantun Makassar

UKM Pantun dan Seni Kreatif Unhas Berubah jadi Rumah Pantun Makassar

Ice yang merupakan salah satu penggagas Rumah Pantun Makassar mengatakan bahwa adanya ‘Rumah’ ini dapat menjadi penghubung antara Mahasiswa dengan Masyarakat luas di Makassar.

“Kami selaku mahasiswa yang bergerak melestarikan pantun dapat lebih mudah untuk mensosialisasikan Pantun kepada masyarakat dalam lingkup Makassar” kata gadis Mahasiswa Unhas ini.

Slogan dari Rumah Pantun Makassar adalah “Rumahkan Makassar sebagai Negeri Pantun”.

 

Comment