Olahraga Berlebihan Bahayakan Kesehatan

BERITA-SULSEL.COM – Olahraga dan menjalani pola makan yang tepat menjadi kunci utama untuk mendapatkan tubuh sehat. Oleh karena itu, ada anjuran untuk berolahraga secara rutin, minimal 30 menit setiap hari. Namun, bila dilakukan secara berlebih alias overtraining, olahraga justru membahayakan kesehatan Anda.

Olahraga berlebihan atau overtraining yaitu ketika Anda berolahraga dengan intensitas, kualitas, dan durasi melebihi kemampuan tubuh untuk melakukan pemulihan. Dengan kata lain, overtraining terjadi ketika pola olahraga menjadi berlebih (dan berulang), tanpa ada jeda tubuh untuk beristirahat dan melakukan pemulihan.


Overtraining tentu mendatangkan banyak risiko. Selain untuk mendapatkan tubuh sehat, tujuan lain dari olahraga yaitu untuk menguatkan otot. Jika otot tubuh tidak diberikan kesempatan untuk memulihkan diri, maka akan terjadi penurunan fungsi, nyeri, dan mudah cedera.

Tendon dan ligamen (bagian dari otot) yang terus-menerus terpapar beban saat olahraga akan mengalami radang. Selain nyeri dan cedera serius, Anda dapat pula mengalami mudah lelah akibat overtraining.

Berdasarkan penelitian dari Rice University, Texas, Amerika Serikat, overtraining juga dapat menyebabkan gangguan perilaku. Gangguan perilaku yang muncul antara lain mudah tersinggung, perubahan pola tidur, berkurangnya semangat untuk berolahraga, mudah cemas, bahkan depresi. Gejala lain yang juga dapat timbul yaitu berkurangnya nafsu makan, dan penurunan berat badan.

Comment