Ini yang Akan Dilakukan Jokowi di KTT OKI

JAKARTA, BERITA-SULSEL.COM – Presiden Joko Widodo bertolak ke Istanbul, Turki, Selasa (12/12/2017), untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Jokowi mengatakan, KTT OKI yang akan diselenggarakan pada Rabu (12/12/2017), sangat penting.


Sebab, ini adalah kesempatan negara-negara OKI untuk secara bersama dan tegas menolak keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

“Pada kesempatan tersebut saya akan menyampaikan penolakan kita rakyat Indonesia atas pengakuan sepihak AS dan meminta negara OKI untuk membulatkan suara dan persatuan guna membela Palestina,” kata Jokowi dalam jumpa pers di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sebelum keberangkatan.

Jokowi juga mengaku akan menyampaikan beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan, baik secara bersama atau pun individu untuk membela Palestina.

“Saya berharap kunjungan ini akan memberikan manfaat nyata bagi upaya perdamaian dunia khususnya penyelesaian sengketa antara Israel dan Palestina,” ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan, ia akan kembali ke Jakarta pada Kamis (14/12/2017).

Jokowi dan rombongan lepas landas menggunakan pesawat kepresidenan dari Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pukul 11.03 WIB.

Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi.

Sementara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sudah lebih dulu tiba di Istanbul.

Wakil Presiden Jusuf Kalla, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut melepas keberangkatan Jokowi dan rombongan.

Comment