Apa yang Terjadi jika Terlalu Banyak Minum Susu?

oleh
Apa yang Terjadi jika Terlalu Banyak Minum Susu?

BERITA-SULSEL.COM – Semua orang tahu bahwa minum susu menyimpan banyak manfaat untuk tubuh, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Meski menyimpan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, namun terlalu banyak minum susu ternyata tidak baik untuk kesehatan.

Menurut Emilia E. Achmadi MS., RDN, Clinical Dietitian & Sport Nutritionist, konsumsi susu berlebih dapat membuat seseorang kenyang sepanjang hari. Hal ini pada akhirnya membuat tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi dari makanan lain.

Konsumsi susu berlebih mengambil kapasitas makanan yang lain. Sedangkan untuk membangun tubuh yang sehat dibutuhkan asupan nutrisi dari banyak variasi bentuk makanan, seperti karbohidrat, buah, sayur, daging, dan kacang-kacangan.

Emilia memaparkan bahwa ada beberapa mineral yang tidak terdapat dalam susu. Vitamin C tidak ada secara alami. Selain itu, di dalam susu tidak terdapat vitamin B kompleks secara lengkap. Melainkan hanya ada B12 dan folat. Vitamin B lainnya juga relatif sedikit lebih rendah di dalam susu.

Meski susu baik dikonsumsi untuk tumbuh kembang anak, Emilia menyarankan agar susu tidak dijadikan satu-satunya sumber nutrisi. Seorang anak juga membutuhkan makanan padat untuk melatih otot dan jaringan saraf di tubuhnya. Seperti dikatakannya di Jakarta, Rabu (13/12/2017), perlu melatih anak-anak untuk makan makanan solid. Karena ini penting untuk kontraksi otot.

Selain itu, Emilia juga menyoroti soal kandungan lemak yang terdapat dalam susu. Jika seseorang mengonsumsi susu secara berlebihan maka akan berpotensi untuk kelebihan berat badan.

“Begitu banyaknya jumlah susu yang kita konsumsi, relatif kandungan lemak yang masuk juga akan berlebihan, jadi akan mengakibatkan kelebihan berat badan,” tuturnya.

Berdasarkan rekomendari para ahli nutrisi, agar mendapatkan jumlah nutrisi yang cukup, konsumsi susu yang ideal bagi orang dewasa adalah 2-3 gelas sehari. Maka, agar tidak mengalami kelebihan berat badan, minum susu secukupnya, sesuai yang direkomendasikan.

Tinggalkan Balasan