Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

6 penyakit yang ditimbulkan akibat banjir di antaranya:


Diare

Air yang kotor dan menggenang saat banjir membuat Anda dan keluarga rawan terkena diare. Selain itu makanan yang terkontaminasi bakteri, parasit, dan virus juga bisa menyebabkan diare.

Leptospirosis

Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteria Leptospira dan biasanya terdapat pada urine hewan seperti tikus dan sapi. Anda bisa terinfeksi leptospirosis apabila berada di air yang terkontaminasi dalam waktu lama atau melalui kontak dengan luka terbuka.

Demam tifoid

Demam tifoid yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi dapat mengontaminasi makanan atau minuman Anda. Untuk menghindarinya pastikan makanan yang Anda makan terjaga kebersihannya.

Hindari mengonsumsi makanan dari area yang tidak bersih dan berisiko terkontaminasi bakteri. Pastikan juga Anda mencuci tangan saat menyiapkan makanan dan sebelum makan.

Demam berdarah

Demam berdarah yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti merupakan penyakit yang sering muncul di saat musim penghujan karena musim hujan dan air yang tergenang merupakan tempat perkembangbiakannya.

Konjungtivitis

Konjungtivitis atau infeksi pada mata dapat disebabkan oleh bakteri. Saat musim banjir, Anda rentan terkena konjungtivitis karena kebiasaan menggosok mata dengan tangan atau handuk yang kotor.

Untuk menghindarinya selalu cuci tangan Anda. Jika Anda merasakan gatal di area mata, hindari mengucek atau menggosok mata Anda.

Ruam kulit

Ruam atau gatal–gatal pada kulit dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus atau parasit. Kontak lama dengan air dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Untuk itu, gunakan sepatu boots saat membersihkan rumah atau melakukan aktivitas di area banjir. Jangan lupa, bersihkan tubuh Anda dengan air dan sabun antiseptik supaya terhindar dari penyakit tersebut.

Nah, kini Anda tahu bahaya apa saja yang mengintai di balik banjir. Lindungi tubuh Anda agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut. Bagaimanapun juga, mencegah lebih baik daripada mengobati!

Comment