7 Peristiwa Pariwisata Viral di Medsos Sepanjang 2017

oleh
Ketika Vandalisme Terpahat di Karang Raja Ampat

BERITA-SULSEL.COM – Informasi yang mengalir luas lewat media sosial kian tak terbendung. Berbagai peristiwa, tak ketinggalan di dunia pariwisata menyedot banyak perhatian warga net.

Sepanjang tahun 2017 KompasTravel merangkum berbagai peristiwa viral. Mulai dari kelakuan turis di tempat wisata sampai kerusakan yang diakibatkan. Berikut tujuh peristiwa di dunia pariwisata yang sempat viral di tahun 2017.

1. Kapal Pesiar Inggris Rusak Terumbu Karang Raja Ampat

Kapal pesiar Inggris, Caledonian Sky, berlayar hingga wilayah perairan yang surut di Raja Ampat, Papua Barat, mengakibatkan rusaknya terumbu karang di salah satu ekosistem laut terindah di Indonesia tersebut.

Peristiwa itu terjadi pada 4 Maret 2017 saat kapal berbobot 4.290 ton tersebut selesai mengantarkan 102 penumpangnya melakukan pengamatan burung di Waigeo. Terumbu karang yang rusak awalnya diperkirakan mencapai 1.600 meter persegi. Namun menurut hasil kajian Conservation International, luas yang mengalami kerusakan mencapai 13.500 meter persegi.

2. Kelakuan Jorok Turis Indonesia di Jepang

Pada Maret 2017, salah satu warga Indonesia, Tyas Palar, menulis status di halaman Facebook miliknya tentang kelakuan turis Indonesia di Jepang. Tyas mengeluh lantaran rombongan turis di Indonesia enggan membereskan peralatan makan sehabis makan. Padahal mereka makan di restroran self service.

Bukan hanya malas membereskan peralatan makan, KompasTravel merangkum keluhan atas turis asal Indonesia di Jepang yang gemar memetik bunga sakura dan mengobrol dengan suara kencang di kereta.

3. Menginjak Cagar Budaya

Kejadian di Candi Borobudur, Magelang dan Plengkung Gading, Yogyakarta sempat membuat heboh sekaligus geram warga net.

Di Plengkung Gading tampak salah satu presenter reality show menginjak pinggir tangga yang menjadi bagian dari Plengkung Gading. Peristiwa tersebut viral lewat video yang tayang di akun medsos @lambe_turah.

Sedangkan peristiwa di Candi Borobudur ditulis oleh Khaterine Cai di akun Facebooknya. Ia mengeluh perilaku turis Indonesia yang berpotensi merusak bangunan Candi Borobudur dengan menginjak dan duduk di tempat yang dilarang. Selain itu Katherine juga mempertanyakan tentang pembatasan wisatawan yang masuk per hari ke Candi Borobudur.

4. Gunung Penuh Sampah

Tren pendakian gunung rupanya tak berbanding dengan budaya membawa turun sampah. Berdasarkan data dari tahun sebelumnya, sampah di gunung terkumpul dalam jumlah fantastis. Misalnya pada pelaksanaan pembersihan dua hari 10-11 Desember 2016, ada 1,5 ton sampah berhasil diangkut dari Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tahun 2015, Trashbag Community mencatat tak kurang dari 2,4 ton atau lebih dari 600 kantong sampah berhasil dikumpulkan dari 15 gunung di Indonesia pada gelaran operasi bersih bertajuk Sapu Jagad yang digelar pada 2015.

5. Kapal Pelni Buang Sampah di Laut

Sebuah video memperlihatkan ABK Kapal Pelni membuang sampah di laut. Video yang viral itu diketahui terjadi di KM Bukit Raya. Pihak Pelni meminta maaf atas kejadian tersebut dan menjelaskan kejadian pembuangan sampah ke laut tersebut dilakukan oleh ABK dari perusahaan pihak ketiga yang mengurusi kebersihan di atas kapal.

6. Turis Indonesia Beri Minum Beralkohol pada Hewan

Sekelompok anak muda tampak memberikan minuman beralkohol yang diduga anggur merah kepada hewan di Taman Safari Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Hal itu mereka lakukan saat Safari Journey menyusuri Taman Safari naik kendaraan pribadi. Minuman tersebut disemprotkan ke mulut kuda nil dan rusa. Video ini viral setelah diunggah ulang oleh akun @makrumpi dan @doniherdaru.

7. Pramugari Garuda Gendong Nenek

Di antara berita viral yang negatif, terselip berita positif. Seorang pramugari Garuda Indonesia, Vera menggendong penumpang yakni seorang nenek. Ia membantu nenek tersebut agar dapat keluar dari pesawat, lantaran kursi roda yang tak kunjung datang. Foto tersebut diunggah oleh Budi Soehardi di media sosial Facebook pada Sabtu (7/1/2017) pukul 19.45.

Tinggalkan Balasan