5 Kebiasaan Agar Terbebas dari Lemak

oleh
5 Kebiasaan Agar Terbebas dari Lemak

BERITA-SULSEL.COM – Selain menjaga asupan makanan, kita perlu memperhatikan kebiasaan sehari-hari agar terbebas dari lemak. Sebab beberapa kebiasaan yang salah, malah bisa menambah lemak di tubuh. Pastinya itu adalah mimpi buruk, karena bisa meningkatkan risiko penyakit setelah itu.

Dikutip dari Men’s Fitness, setidaknya ada lima kebiasaan yang bisa membantu kita terbebas dari lemak.

Pertama adalah untuk menyimpan catatan makanan. Ini bukan berarti harus menghitung kalori, tapi mencatat apa saja yang diasup. Tulis semua makanan yang masuk ke tubuh dalam sehari, setiap hari, serta perkiraan waktu makannya.

“Menyimpan catatan makanan adalah cara terbaik untuk pemula untuk mendapatkan pegangan apa yang dia makan setiiap hari,” kata Shelby Starnes, pakar nutrisi yang membantu persiapan binaragawan mengikuti kompetisi.

Setelah seminggu, Anda akan melihat pola. Anda mungkin cenderung menghidari makan saat stres, atau mengasup makanan yang kurang bernutrisi saat malam hari. “Dua dari masalah terbesar yang saya lihat adalah terlalu banyak dan kurang makan,: ujar Starnes. “Sebuah catatan membuat kita lebih bertanggungjawab serta membantu mencari tahu di mana perlu melakukan perubahan pola makan.”

Kedua, adalah minum banyak air putih. Dua liter setiap hari adalah batas minimal. Tapi, Anda juga perlu menambah minum sekitar 500 ml setiap 30 menit setelah melakukan olahraga.

Ketiga, Anda harus mengunyah makanan. Cobalah untuk makan lebih perlahan dan kunyah makanan hingga kecil serta lembut sebelum ditelan. Semakin perlahan Anda makan, maka lebih banyak waktu otak Anda untuk mengenali perasaan kenyang.

Keempat adalah tidak lupa sarapan. Sebuah studi tahun 2013 yang dipublikasikan di jurnal Appetite menemukan sarapan sebelum berolahraga dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

Nah, kelima, adalah untuk terus berolahraga. Rencanakan untuk berlatih cardio dan beban empat kali dalam seminggu. Anda bisa melakukan dua hari di tubuh bagian atas dan dua hari di tubuh bagian bawah. Jika hanya bisa tiga hari, pastikan untuk melatih seluruh tubuh di setiap sesi.

Menurut Starnes, latihan cardio paling baik dilakukan empat sampai enam jam sebelum atau sesudah latihan beban atau pada hari lain (terpisah). Gabungkan latihan interval intensitas tinggi dan latihan aerobik yang lebih lambat selama tiga sampai enam kali latihan per minggu.

Tinggalkan Balasan