5 Resolusi Kesehatan di Tahun Baru 2018

oleh
Resolusi Sehat

BERITA-SULSEL.COM – Tahun baru 2018 sudah di depan mata. Apakah Anda sudah memikirkan tentang resolusi kesehatan di tahun depan? Jika belum, segera tentukan. Anda ingin menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih sehat di tahun 2018, bukan?

Tak perlu bingung, apalagi memikirkan biaya yang harus dikeluarkan. Ini karena sebagian besar tindakan yang menjadi resolusi kesehatan tak melulu mahal. Yang perlu Anda perhatikan adalah komitmen dan konsistensi, agar resolusi kesehatan yang sudah Anda tentukan tak sekadar basa-basi belaka.

Berikut beberapa tindakan yang dapat Anda jadikan pilihan sebagai resolusi kesehatan di tahun baru 2018 mendatang:

Olahraga rutin dan teratur
Jika di tahun 2017 Anda belum membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin dan teratur, maka di tahun depan cobalah untuk melakukannya. Frekuensi olahraga yang disarankan adalah sebanyak 3-5 kali per minggu, dengan durasi 30-60 menit setiap harinya.

Khawatir tidak konsisten dalam menerapkan pola olahraga rutin dan teratur? Bergabunglah ke dalam kelompok atau klub olahraga, agar Anda lebih termotivasi dan bersemangat dalam melakukan aktivitas sehat ini.

Pola makan sehat
Pola makan merupakan kunci penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda masih kesulitan untuk menerapkan pola makan sehat, pilihlah pola diet yang lebih baik di tahun mendatang.

Pola makan atau pola diet yang baik mencakup konsumsi makanan yang kaya akan sayur dan buah-buahan, dan menghindari makanan dengan kandungan lemak jahat yang tinggi. Tetap batasi jumlah asupan yang Anda konsumsi setiap hari, agar tidak kekenyangan dan membuat perut begah.

Istirahat cukup
Meski terkesan sepele, namun istirahat cukup adalah bagian dari pola hidup sehat yang harus terus Anda lakukan. Dengan beristirahat, tubuh akan melakukan berbagai proses perbaikan sel agar segala fungsi tubuh terus berjalan dengan baik.

Jadi, jika tahun 2017 waktu istirahat Anda masih tidak menentu atau cenderung kurang, perbaikilah hal tersebut di tahun baru 2018.

Relaks dan turunkan beban pikiran
Beban pikiran berupa stres atau depresi dapat meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah dan jantung. Karena itu, jika Anda kerap diselimuti beban pikiran yang mengganggu, berbagilah dengan bercerita pada sanak saudara atau orang yang Anda percaya.

Berhenti merokok
Merokok merupakan salah satu faktor risko berbagai gangguan kesehatan, mulai dari gangguan pernapasan, kanker paru, atau bahkan kanker saluran cerna. Jika Anda masih merokok di tahun 2017, hentikan kebiasaan tersebut secara bertahap saat memasuki tahun baru 2018.

Cobalah berbagai metode untuk menghentikan kebiasaan merokok, bisa dengan mengunyah permen atau tindakan lainnya. Anda juga dapat mengunjungi dokter terdekat untuk berkonsultasi mengenai cara berhenti merokok yang baik dan efektif.

Tahun baru tidak lengkap tanpa diikuti tindakan untuk memperbaiki diri. Terapkan resolusi kesehatan di atas, agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih sehat dari tahun-tahun sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *