Dosen Ners FKM UMI Latih Warga Takalar Mengenai Bantuan Hidup Dasar

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Dosen Program Studi (Prodi) Profesi Ners Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) melaksanakan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) di lokasi praktek Kabupaten Takalar, Rabu (3/1/2018) kemarin.

Dosen Ners FKM UMI yang melakukan pelatihan, Sudarman S.Kep., Ns., M.Kep menyampaikan, kegiatan ini bekerjasama dengan pemerintah setempat yang diikuti oleh tenaga kesahatan (perawat dan bidan), aparat pemerintah, karang taruna, TNI, guru, dan siswa SMA.


“Mendengar informasi di Desa ini sering terjadi kecelakaan lalu lintas jadi kami bersepakat untuk bekerjasama dengan pemerintah setempat melakukan pelatihan BHD,” ujarnya saat ditemui di Gedung FKM UMI, Kamis (4/1/2018).

Sudarman menjelaskan, Pelatihan BHD ini merupakan upaya memberikan pertolongan secara cepat dan tepat untuk mengembalikan fungsi organ yang berhenti seketika saat kecelakaan seperti jantung dan paru-paru.

“Alhamdulillah antusias peserta pelatihan yang ikut sangat tinggi. Bahkan pihak SMKN 7 Kabupaten Takalar yang juga ikut serta dipelatihan ini, menginginkan kehadiran kami ke sekolahnya untuk melatih,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan dalam melakukan pelatihan BHD kepada masyarakat tidak sembarang. Dibutuhkan skill dan kemampuan khusus diwilayah itu.

“Alhamdulillah saya berwenang untuk melakukan pelatihan sebab saya sudah memiliki sertifikat Trainer Emergency and Disaster Management yang dikeluarkan oleh Singhelath Singapura,” bebernya.

“Jadi mahasiswa Ners FKM UMI yang melakukan praktek di Desa ini membantu saya dalam melakukan simulasi pelatihan,” tambahnya.

Sudarman mengatakan, apa yang diraihnya saat ini sebagai Trainer Emergency and Disaster tidak terlepas dari dukungan serta support dari pihak Pimpinan FKM UMI.

“Ini menandakan bahwa management FKM UMI benar-benar berjalan dengan baik. Skill dan kemampuan khusus yang dimiliki dosen dapat didukung oleh Pimpinan Prodi maupun Fakultas,” tutupnya.

 

 

 

Comment