YSKI Gandeng Pemda Soppeng Tekan Angka Penderita Kanker

SOPPENG, BERITA-SULSEL.COM – Guna menekan jumlah penderita kanker, Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI) Sulawesi Selatan mengandeng pemerintah Kabupaten Soppeng melakukan sosialisasi.

Kegiatan mengenali bahayanya penyakit kanker dan tumor ini dilakukan di ruang pola kantor Bupati Soppeng, Rabu (10/1/2018).


Kabag Kesra Pemda Soppeng, Risga mengatakan, sosialisasi ini digelar guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit kanker dan tumor. Berdasarkan data dari rumah sakit, rata-rata pasien penderita kanker dan tumor sudah memasuki stadium lanjut.

Penyuluh YSKI, Besse Yurida menambahkan, beberapa cara menganali gejala penyakit kanker, cara mencegah serta mengobatinya, khususnya prostat, payudara dan serviks.

“Penyebab kanker dapat dipicu dari berbagai hal, salah satunya dari faktor genetik, pola makan dan gaya hidup,”katanya.

Kata dia, penyebab kanker biasanya diawali dari terjadinya penyakit tumor. Penyakit ini bisa jinak dan ganas.

Menurutnya, tumor jinak biasanya cenderung lebih lama prosesnya menjadi kanker, sedangkan ganas dapat secara cepat berubah menjadi kanker.

Besse menyampaikan, jika ada keluarga atau tetangga yang terkena kanker, tapi tidak memiliki biaya untuk pengobatan, segera hubungi YSKI ( Besse Yurida 0852 5573 5746 ).

“Yayasan kami akan turun lansung melihat penderitanya, memberikan dana bantuan jika betul tidak mampu. Selain itu, kami juga mengumpulkan bibit temu putih yang mengandung 95% zat anti kanker dan membagikan secara gratis kepada masyarakat,” tutupnya.

Anwar Paturusi

 

Comment