Dosen FKM UMI Latih Warga Takalar Mengenai Bantuan Hidup Dasar

oleh
Dosen FKM UMI Latih Warga Takalar Mengenai Bantuan Hidup Dasar

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Dosen Program Studi (Prodi) Ners Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia ( FKM UMI) memberikan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) kepada masyarakat Kabupaten Takalar, Sabtu (13/1/2018).

Pelatihan BHD ini diprakarsai oleh Mahasiswa Ners FKM UMI yang melangsungkan praktek lapangan di Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar dengan menghadirkan dosen serta pimpinan Prodi.

Salah satu Dosen Prodi Ners FKM UMI, Sudarman S.Kep., Ns., M.Kep selaku pemateri pelatihan BHD menyampaikan, kegiatan ini sangat penting karena memberikan pengetahuan kepada masyarakat awam tentang pertolongan pertama pada kecelakaan.

“Dalam BHD ini diajarkan bagaimana masyarakat dapat memberikan pertolongan pada korban kecelakaan henti nafas dan jantung. Sebab korban seperti ini jika nafas dan jantunga berhenti selama 8 detik saja bisa mengalami kematian permanen,” ujarnya melalui sambungan telepon.

Sudarman menyebutkan, bukan hanya masyarakat yang hadir, tetapi sekitar 100 orang peserta yang hadir mulai dari aparat Desa, Lurah, Camat, TNI, Polri, Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) juga antusias menghadiri pelatihan ini.

“Jadi bukan hanya sekedar pemberian materi saja tetapi kami juga memberikan praktek kepada 100 orang yang hadir bagaimana prosedur BHD dan alur pertolongan pertama kepada korban kecelekaan,” ungkapnya.

Diketahui, kegiatan ini juga dihadiri oleh jajaran Pimpinan Prodi Ners serta dosen yang terdiri dari, Safruddin S.Kep., Ns., M.Kep (Ketua Prodi Ners FKM UMI), Murtini SKM., M.Kes (Ketua Prodi Keperawatan FKM UMI)

Selanjutnya, Akbar Asfar S.Kep., Ns., M.Kes (Dosen), Ernasari S.Kep., Ns (Dosen) dan Rahmat Hidayat S.Kep., Ns (Dosen). (*)

 

 

 

Tinggalkan Balasan