Legislator Makassar Himbau Warga Waspada Obat Ilegal

oleh
Mudzakkir Ali Djamil

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Penjualan obat ilegal rupanya masih kerap terjadi di Indonesia. Buktinya kemarin, Minggu (14/1/2018) seorang anak tepatnya di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat terpaksa dilarikan ke RS akibat meminum obat herbal ilegal.

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, Mudzakkir Ali Djamil meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) agar dapat lebih selektif dalam memberikan izin edar obat.

“Ini kejadiannya diluar Kota Makassar. Tapi kita harus mengantisipasi hal-hal serupa terjadi. Paling tidak menjadi bahan evaluasi Pemerintah Kota (Pemkot),” ujarnya saat dihubungi via telepon, Senin (15/1/2018).

Muda sapaan akrabnya menjelaskan, setiap obat yang siap edar harus wajib mengantongi izin dari Dinkes, sebab diperlukan adanya verifikasi terhadap kelayakan obat.

“Jadi kalau ada kita dapati beredarnya obat palsu dan tak memiliki sertifikasi maka jelas siapa yang lalai akan tugasnya,” ungkapnya.

Legislator dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berharap agar Warga dapat lebih berhati-hati dalam memilih obat. Apalagi sekarang bukti penjualan obat ilegal makin nampak telah beredar luas.

“Harapan kami yah Masyarakat bisa lebih selektif lagi. Sebelum mengkonsumsi obat dicek dulu no registrasi dari BPOM ada atau tidak. Intinya masyarakat bisa jeli lagi lah,” ungkapnya.

Penulis: Taufiq Quridatullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *