5 Makanan Super untuk Penderita Diabetes

BERITA-SULSEL.COM – Menerapkan pola makan sehat adalah kunci bagi penderita diabetes tipe 2 untuk mengendalikan kadar gula darah. Ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu jadwal makan, jenis makanan, serta jumlahnya. Untuk jenis makanan, ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi rutin oleh penderita diabetes.

Dikutip dari MSN, berikut ini beberapa makanan yang dapat dikonsumsi secara teratur oleh penderita diabetes:


Blueberry
Mengonsumsi blueberry bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat harian Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan blueberry secara teratur dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Selain itu, periset juga melihat efek antiinflamasi dari fitokimia yang terdapat pada bluberry. Senyawa ini mampu menurunkan penyakit yang terkait dengan kardiovaskular yang biasanya dialami oleh penderita diabetes tipe 2.

Jeruk
Buah-buahan sitrus memiliki efek jangka panjang yang positif terhadap kadar gula darah dan kolesterol—berkat senyawa hesperidin dan serat larut di dalamnya.

Peneliti dari Harvard School of Public Health mengungkapkan bahwa semua buah sitrus (jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali) berhubungan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Dark chocolate
Sejumlah studi menemukan bahwa dark chocolate berkualitas tinggi dapat menurunkan kadar insulin dan tekanan darah. Hal ini bisa terjadi karena di dalam dark chocolate terdapat senyawa yang disebut polifenol. Namun, diskusikan dengan profesional medis terlebih dulu sebelum Anda melakukan perubahan atau penambahan diet.

Minyak zaitun
Bagi penderita diabetes, pemilihan minyak untuk makanan sehari-hari juga perlu diperhatikan. Pilihlah minyak zaitun extra virgin ketimbang minyak kelapa sawit karena lebih sehat. Mengapa?

Minyak ini termasuk ke dalam lemak tak jenuh atau lemak “baik” sehingga lebih sehat. Karena itu, tambahkanlah minyak zaitun pada masakan Anda sehari-hari untuk memperbaiki kadar gula darah.

Kacang
Menurut jurnal Diabetes Care, mengonsumsi 2 ons kacang setiap hari dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Sementara, menurut Nurses Health Study, makan 5 porsi kacang per minggu (1 porsi = 1 ons kacang) dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan strok yang signifikan pada wanita dengan diabetes tipe 2.

Sangat penting untuk melakukan pencegahan diabetes jika Anda memiliki faktor risiko diabetes, seperti kelebihan berat badan atau keluarga dengan riwayat diabetes. Menerapkan pola hidup sehat—salah satunya melalui makanan—adalah dasar yang paling utama agar terhindar dari penyakit kronis ini.

Comment