4 Penyebab Nyeri Punggung

oleh
Nyeri Punggung

BERITA-SULSEL.COM – Hampir semua orang pernah merasakan nyeri punggung. Bila berlangsung terus-menerus, keluhan yang satu ini tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan Anda bisa kesulitan tidur gara-gara nyeri punggung.

1. Berawal dari posisi

Penyebab paling sering dari nyeri punggung yaitu salah posisi. Entah itu posisi ketika duduk, berdiri, atau mengangkat barang (terutama barang yang berat). Untuk menghindari nyeri punggung akibat salah posisi, Anda perlu duduk dan berdiri dengan tegak. Usahakan untuk selalu menahan berat badan pada kedua kaki.

Bila harus mengangkat barang yang berat, Anda perlu memastikan posisi punggung tidak melengkung. Pastikan punggung lurus dan tekuk kedua lutut saat akan mengangkat barang berat.

2. Usia

Usia memang tidak dapat dibohongi. Semakin tua, Anda semakin berisiko mengalami nyeri punggung. Orang yang kurang atau tidak pernah olahraga juga rentan mengalami nyeri punggung.

Umumnya, otot yang tidak terlatih akan menjadi lemah dan tidak dapat menyangga tubuh dengan optimal, apalagi jika memiliki berat badan berlebih. Berolahraga dan menurunkan berat badan akan membantu Anda terhindar dari nyeri punggung.

3. Trauma

Trauma atau benturan pada area punggung dapat menyebabkan nyeri punggung.

4. Penyakit

Meski lebih jarang terjadi, ada beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan nyeri punggung. Kebanyakan penyakit yang dapat menyebabkan nyeri punggung umumnya dialami oleh orang tua. Namun demikian, bukan berarti orang muda tidak dapat mengalaminya.

Kelainan posisi tulang belakang (misalnya skoliosis, spondilolisthesis, dan lainnya), osteoarthritis, hernia nukleus pulposus (HNP atau saraf terjepit), osteoporosis merupakan beberapa jenis penyakit yang dapat memicu nyeri punggung.

Selain itu, nyeri punggung juga dapat terjadi akibat penyakit autoimun yang menyerang tulang belakang (misalnya ankylosing spondylitis), dan tumor yang menyerang bagian punggung (seperti tumor di tulang belakang, ginjal, dan lainnya).

Biasanya, sebagian besar nyeri punggung bersifat ringan dan tidak disebabkan oleh penyakit serius. Kebanyakan akan sembuh tanpa obat ataupun obat bebas dalam waktu kurang dari dua minggu.

Namun apabila gejala nyeri punggung tidak membaik setelah dua minggu, atau malah bertambah berat, Anda disarankan segera berkonsultasi dengan dokter. Ini penting guna menemukan penyebab dan menentukan penanganan yang tepat.

sumber ; klikdokter.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *