UPTD Diknas Gowa Berganti Jadi Korwil

oleh

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan (Diknas) yang ada di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Gowa dihapus dan berganti nama menjadi Koordinator Kecamatan (Korcam). Penghapusan UPTD Diknas di setiap kecamatan ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 12 Tahun 2017 tentang penghapusan UPTD.

Hal ini disampaikan Kepala Diknas Kabupaten Gowa, DR Salam di Sungguminasa kemarin. Ia mengatakan, awalnya, pihaknya tidak merencanakan untuk menghapus UPTD Diknas yang ada di setiap kecamatan mengingat secara geografis Gowa memiliki wilayah yang cukup luas yang terdiri dari wilayah dataran tinggi dan dataran rendah.

“Namun karena ini sudah ada PPnya yang mengharuskan UPTD ini dihapus maka mau tidak mau kita harus ikuti regulasi yang telah dikeluarkan oleh Mendagri ini,” kata Kepala Dikorda Gowa, DR Salam.

Kata dia, meski PP ini sudah berlaku efektif di semua daerah di tanah air, namun di Gowa regulasi ini baru akan segera diterapkan. “Kita akan segera terapkan Permendagri ini dan semua Kepala UPTD di 18 kecamatan juga secara otomatis segera kita tarik ” jelas Salam.

Disampaikan, Kepala UPTD yang ditarik masuk di Diknas Kabupaten akan dikembalikan menjadi pengawas. Setelah itu, mereka akan diberi tugas tambahan sebagai koordinator wilayah pada satuan pendidikan di semua kecamatan. 

“Ini yang kita akan lakukan setelah semua kepala UPTD ditarik. Mereka akan dikembalikan sebagai pengawas kemudian diberi tugas tambahan sebagai Korwil pada satuan pendidikan di setiap kecamatan,” ujar Salam.

Terpisah, sejumlah Kepala UPTD Diknas yang dimintai tanggapannya terkait penghapusan UPTD ini mengaku tidak ada masalah dan bahkan mereka berbesar hati menerima keputusan tersebut.

“Ya enggak ada masalahlah dengan dihapusnya UPTD ini. Apalagi ini kan sudah ada regulasinya yang mesti harus ditaati,” ujar sejumlah Kepala UPTD di kantor Diknas Gowa.

Meski mereka ditarik kemudian dikembalikan sebagai pengawas, namun mereka para Kepala UPTD ini berharap dapat ditempatkan kembali sebagai korwil.

“Ya, syukurlah kalau kami semua bisa kembali ditunjuk sebagai korwil,” ujar salah seorang Kepala UPTD yang enggang namanya ditulis. (An).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *