Kesmas FKM UMI Akhiri PBL 3 di Kabupaten Sidrap

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Mahasiswa semester 5 Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) baru saja menyelesaikan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL).

Hal ini ditandai dengan pelepasan secara resmi yang dihadiri oleh seluruh aparatur Desa, Kecamatan dan staf Desa, Rabu (7/2/2018) kemarin.


Dosen pengelola PBL 3, Alfina Baharuddin S.KM., M.Kes mengatakan, dengan kegiatan pelepasan kemarin, maka berakhir pula proses PBL mahasiswa yang digelar selama dua minggu di Kabupaten Sidrap.

“Kegiatan PBL ini ada tiga tahapan mulai dari Semester 3 hingga 5. PBL 1, 2 dan 3. Jadi, mahasiswa semseter 5 sudah tuntas diseluruh tahapan PBL,” ujarnya saat ditemui di FKM UMI, Kamis (8/2/2018).

Sementara itu, Wakil Dekan 1 FKM UMI, Dr. Muh. Ikhtiar, S.KM., M.Kes saat ditemui diruangannya menyampaikan, setelah penarikan mahasiswa sudah harus siap mengikuti jadwal kuliah perdana yang dilaksanakan 12 Februari 2018 mendatang.

“Setelah PBL 3 ini, mahasiswa hanya diberi istirahat beberapa hari saja. Setelah itu langsung masuk kuliah lagi,” ujar Ikhtiar terpisah.

“Dengan itu, proses belajar mengajar dalam ruang perkuliahan di FKM UMI akan kembali normal di tanggal 12 Februari,” ungkapnya.

Selain itu, mahasiswa Kesmas FKM UMI yang baru saja melangsungkan PBL 3, Yuli Rahayu mengaku, sangat banyak mendapat pembelajaran selepas dari kegiatan.

“Saya benar-benar merasakan yang namanya mengabdi di masyarakat karena program yang kami jalankan mendapat apresiasi dari pihak aparat desa serta seluruh warga di lokasi PBL,” ujarnya yang ditemui di lobi FKM UMI. (Fiq/C)

Comment