Ini Alasan Pimpinan FKM UMI Berkunjung ke Puskesmas Antara

oleh
Ini Alasan Pimpinan FKM UMI Berkunjung ke Puskesmas Antara

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Sebanyak 11 Puskesmas di Kota Makassar menjadi lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Profesi Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM UMI).

Namun, Pimpinan FKM UMI dan Jajaran Ketua Program Studi (Prodi) memilih Puskesmas Antara yang bertempat di Jalan Perintis Kemerdekaan sebagai lokasi kunjungan supervisi dalam memonitoring kegiatan mahasiswa.

Wakil Dekan I Bidang Akademik FKM UMI, Dr. Muh. Ikhtiar S.KM., M.Kes yang ikut melakukan kunjungan mengatakan, alasan memilih Puskesmas Antara, karena problem kesehatannya yang sangat rumit.

“Situasi perumahan dan pemukiman sekitar Puskesmas ada yang kumuh karena dikelilingi rawa-rawa. Sehingga, kerja-kerja mahasiswa KKN disana berbeda dengan lokasi puskesmas lain. Makanya disana yang kami kunjungi,” ujarnya saat ditemui diruangannya, Selasa (13/2/2018).

Tak hanya persoalan itu, Ikhtiar sapaan akrabnya juga menyampaikan, disekitar Puskesmas itu juga ada kelompok masyarakat yang membangun rumah seadanya dan hanya tinggal dalam kurun waktu yang singkat lalu pindah lagi.

“Mereka itu mungkin hanya datang dan bangun rumah dengan perlengkapan seadanya. Tinggal mungkin hanya 6 bulan baru balik ke kampungnya lagi untuk panen. Ini juga salah satu faktor meningkatnya permasalahan penyakit dilokasi tersebut,” ungkapnya.

Dengan hal itu, Ikhtiar bersama seluruh jajaran Prodi yang hadir menitik fokuskan kunjungannya di Puskesmas Antara karena dianggap sebagai wilayah dengan kondisi kesehatan yang rumit. (Fiq/B)

 

 

 

Tinggalkan Balasan